Topik : 

Khutbah Jum’at: Kehidupan Bermasyarakat

Kontributor : Mujiharto Editor: Redaksi
DelikNTT.com
896e2696fc52b44e814867a0bad40598

Khutbah Pertama

اْلحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللَّهِ شَهِيْدًا.  أَشْهَدُ أَنْ لاَإِلهَ إِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ   اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ:  فَيَا عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَقَالَ اللهُ تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: يَآأَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ    وَقَالَ النَّبِيُّ : اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ

Jamaah Jum’at yang berbahagia

Mari kita bersyukur kepada Allah Swt atas limpahan nikmat-Nya kepada kita semua. Semoga dengan senantiasa bersyukur kepada Allah Swt hidup kita akan dipenuhi berkah, langkah kita terbimbing oleh hidayah, hingga meninggal nanti dalam kondisi husnul khatimah.

Shalawat beriring salam, semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad Saw. Dengan perjuangan beliau, cahaya Islam ini sampai kepada kita, sehingga kita dapat terbebas dari kejahilan dan kehinaan. Dan semoga shalawat serta salam, juga tercurahkan kepada keluarganya, para shahabat, serta pengikutnya hingga akhir zaman.

Selanjutnya khatib berwasiat kepada diri pribadi khatib dan jamaah sekalian, untuk senantiasa bertaqwa kepada Allah Swt kapanpun dan dalam kondisi apapun. Sebab taqwa adalah sebaik-baik bekal. Allah Swt berjanji bahwa orang-orang bertaqwa akan diberi jalan keluar dari setiap kesulitan, diberi rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka, dan disediakan surga seluas langit dan bumi.

Jamaah jum’at yang dirahmati Allah

Dalam kehidupan bermasyarakat kita pasti membutuhkan orang lain. Allah Swt memerintahkan kepada hamba-Nya untuk saling tolong menolong, khususnya tolong menolong dalam kebaikan dan taqwa. Sebagaimana firman-Nya.

وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. (QS Al-Maidah : 2)

Nabi Muhammad Saw juga mewasiatkan

خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

“Sebaik-baik manusia adalah yang bisa bermanfaat kepada manusia (HR. Ath-Thabrani)
Baca Juga :  Khutbah Jum'at: Pandangan Islam Tentang Kehidupan
  • Bagikan