Topik : 

4 Hal yang Harus Guru Lakukan Supaya Siswa Aktif di Kelas

Kontributor : JT Editor: Redaksi
DelikNTT.com
461034863 800x450 1
Gambar: Istimewah

Oleh: Jailani Tong, M.Pd. / Dosen PGMI STAI Kupang

DelikNTT.Com – Setiap guru pasti menginginkan atau mendambakan agar siswanya bisa aktif selama proses pembelajaran di kelas dan hal ini menjadi cita-cita semua guru ketika melangkahkan kakinya menuju ke dalam kelas. Namun, pada kenyataannya justru tidak demikian sehingga membuat sebagian guru merasa kebingungan.

Dalam proses pembelajaran di kelas, pasti ditemukan ada beberapa siswa yang sulit atau kurang aktif dan bahkan ada yang pasif sama sekali. Ketika guru bertanya atau diajak berdiskusi terkadang siswa memilih diam.

Siswa adalah manusia yang sangat unik, hal ini disebabkan karena mereka memiliki kepribadian atau karakteristik yang sangat berbeda antara satu dengan lainnya. Kepribadian atau karakteristik tersebut terbentuk dan dibentuk oleh banyak faktor, diantaranya:

1. Faktor genetis merupakan faktor bawaan sejak lahir dan merupakan pengaruh keturunan dari salah satu sifat yang dimiliki oleh kedua orang tuanya atau bisa jadi gabungan dari kedua sifat tersebut.

2. Faktor lingkungan merupakan pengaruh dari interaksi dengan dunia luar, yaitu keluarga, lingkungan bermain dan lain sebagainya.

Karakteristik siswa yang berbeda-beda tersebut harus diakomodir semuanya oleh guru dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat aktif di dalam kelas.

Untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas, tentu bukan perkara yang mudah, namun tidak perlu khawatir, sebab masih banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk mengatasi hal tersebut:

1. Memperbanyak praktik, tidak hanya teori

Baca Juga :  Menghadapi Krisis Stunting: Menuju Generasi yang Berkualitas dan Unggul
  • Bagikan