Topik : 

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Kontributor : Ilham Editor: Redaksi
DelikNTT.com
Malam Lailatul Qadar

DelikNTT.Com – Lailatul Qadar, atau malam kemuliaan, merupakan salah satu malam yang paling istimewa dalam agama Islam. Secara harfiah, Lailatul Qadar berarti “malam kekuatan” atau “malam ketetapan”. Malam ini terjadi pada bulan Ramadan, di antara tanggal 21 hingga 29, namun tanggal pastinya tidak diketahui banyak orang. Masih misterius.

Lailatul Qadar diyakini sebagai malam di mana Allah menetapkan turunnya Al-Quran, menurunkan berbagai keberkahan, ampunan, dan rahmat. Pada malam ini, para malaikat juga turun ke bumi membawa pesan-pesan ilahi. Keistimewaan malam ini membuat umat Islam berlomba-lomba dalam ibadah dan memohon ampunan serta keberkahan kepada Allah.

Dengan keberkahan dan ampunan yang besar yang terkait dengan malam ini, para muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, berdoa, dan melakukan amal saleh. Meskipun tanggal pasti Lailatul Qadar tidak diketahui, namun berdoa dan beribadah di malam-malam terakhir bulan Ramadan merupakan suatu kebiasaan yang dianjurkan dalam Islam.

Dalam Al-Quran, penamaan Lailatul Qadar ini secara khusus disebutkan dalam Surah Al-Qadr. Malam ini juga disebut dalam Surah ad-Dukhan ayat 3 sebagai Lailatul Mubarakah. Ayat-ayat tersebut memberikan penghargaan khusus kepada malam tersebut sebagai malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan.

Selain itu, dalam beberapa hadis, seperti yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dari sahabat Abu Hurairah, penamaan Lailatul Qadar juga disebutkan. Dalam hadis tersebut disebutkan bahwa “Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan orang yang beribadah di malam Lailatul Qadar dengan iman dan mengharap pahala juga akan diampuni dosa-dosanya.”

Baca Juga :  Makna Sujud Dalam Sholat
  • Bagikan