Topik : 

Hukum Menggosok Gigi Saat Berpuasa Menurut Ustadz Adi Hidayat

Reporter : Jailani Tong Editor: Redaksi
DelikNTT.com
Ustadz Adi Hidayat

DelikNTT.ComMenggosok gigi merupakan cara yang umum dianjurkankan untuk menghilangkan kotoran dan plak dari permukaan gigi dan gusi. Manfaat menyikat gigi adalah menghilangkan kotoran dan partikel makanan sehingga mencegah penyakit gigi dan mulut.

Lalu, bagaimana hukumnya menggosok gigi pada saat sedang berpuasa?

Anjuran menggosok gigi atau siwak disebutkan dalam hadits Abu Hurairah RA

Artinya:

“Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintahkan mereka bersiwak setiap hendak menunaikan salat,” HR Bukhari

Menurut Ustadz Adi Hidayat, menggosok gigi jika menggunakan siwak, maka para ualama cenderung memperbolehkan sepanjang tidak menggunakan pasta .

Tapi, lanjutnya, jika menggunakan pasta, mayoritas ulama memandang makruh hukumnya.

Kenapa disebut makruh, menurut alumni Pondok PesantrenDarul ArqamMuhammadiyahGarut ini, karena potensinya cukup tinggi untuk membatalkan ibadah puasa. Hal ini yang tidak disukai oleh para ulama karena khawatir ada rasa-rasa tertentu pada pastanya tanpa sengaja atau sengaja tertelan atau ditelan.

Sehingga menurut ia, menggosok gigi saat sedang berpuasa hukumnya boleh, asalkan menggosok gigi cukup dengan sikatnya saja tanpa menggunkan pasta, karena khawatir ada rasa tertentu yang tertelan masuk ke dalam tenggerokan.

  • Bagikan