Topik : 

Bukan Keturunan dan Jabatan, Inilah Orang Paling Mulia di Sisi Allah

Reporter : Jailani Tong Editor: Redaksi
DelikNTT.com
ramadandermawan

DelikNTT.Com – Banyak orang mengira kemulyaan itu diraih dengan ketinggian nasabjabatan yang tinggi,  kekayaan dan keelokan wajah . Maka sering kita dapati manusia berlomba mengejarnya.

Padahal kemulyaan itu pada takwa yakni berilmu lalu mengamalkan ilmunya dengan menjalankan perintah Allah dan meninggalkan laranganNya. Allah ta’ala berfirman:

إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ

“Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu..” (QS. Al Hujurat : 13).

Pujian tolok ukurnya bukan krn ketinggian kedudukan dan sebaliknya celaan bukan pada kerendahan kedudukan. Bahkan jika ini jadi tolok ukurnya maka harusnya fir’aun lebih mulia dari Nabi Musa ‘alaihis salam.

Pujian tolok ukurnya bukan karena kekayaan dan celaan bukan karena kemiskinan. Jika ini tolok ukurnya maka tentu Qorun harusnya lebih mulia ketimbang nabi musa ‘alaihis salam.

Bukan pula pada keelokan rupa dan jasad!

Rasulullah shallallhu ‘alaihi wassalam bersabda:

« إِنَّ اللَّهَ لاَ يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَأَجسادكُمْ وَلَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوبِكُمْ وَأَعْمَالِكُمْ ».

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak melihat pada rupa dan harta kalian. Namun yang Allah lihat adalah hati dan amalan kalian.” (HR. Muslim ).

Demikian pula dalam hal nasab!!!

شيخ الإسلام ابن تيمية: “وليس في كتاب الله آية واحدةٌ يمدح فيها أحداً بنسبه، ولا يَذُمُّ أحداً بنسبه، وإنما يمدحُ الإيمانَ والتقوى، ويذمَ بالكفرِ والفسوقِ والعصيان” [الفتاوى الكبرى:1/164] .

Syeikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata:  “Tidak ada satu ayat pun di dalam Al-Quran yg memuji seseorang karena nasabnya,  tidak ada satu ayat pun juga yg mencela seseorang karena nasabnya. Namun (yang ada) itu ayat yg memuji iman dan taqwa dan mencela kekufuran, kefasikan dan kemaksiyatan”. (Al-Fatawa, Jilid 1 hal: 164).

Jika demikian,  maka tidak jalan lain untuk meraih kemulyaan di sisi Allah baik di dunia maupun di akhirat kecuali dengan taqwa.

Maka….bertaqwalah engkau di manapun berada!

  • Bagikan