Topik : 

Apa itu Isra Miraj? Ini Pengertian, Tujuan, dan Hikmahnya

Kontributor : Jailani Tong Editor: Redaksi
DelikNTT.com
images 9

DelikNTT.Com – Dalam Islam, ada satu peristiwa bersejarah yang sangat sulit untuk diterima oleh akal sehat. Peristiwa bersejarah tersebut tidak lain adalah isra miraj.

Isra miraj oleh kebanyakan orang dianggap tidak masuk akal dan tidak bisa diterima oleh logika, karena dalam peristiwa tersebut Nabi Muhammad diperjalanan oleh Allah ke langit ke tujuh dalam waktu yang sangat singkat (semalam) dan sampai dengan saat ini, kemajuan teknologi belum mampu melakukan dan menjelaskan itu.

Namun, bagi seorang muslim yang memiliki iman di dalam dadanya, wajib hukumnya untuk dipercaya. Sebab, peristiwa tersebut adalah bagian dari mukjizat yang Allah berikan kepada Nabi Muhammad.

Lalu, Kira-kira apa itu isra dan miraj? Simak penjelasan di bawah ini.

Isra miraj merupakan satu peristiwa dimana Nabi melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, lalu naik ke Sidratul muntaha di langit ke tujuh dengan menggunakan kendaraan Burak.

Menurut para ulama, Isra Mi’raj terjadi satu tahun sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah, yakni pada tanggal 27 Rajab. Hal ini berdasarkan surat Al-Isra ayat 1 yaitu:

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

“Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.”

Tujuan isra miraj

Baca Juga :  Begini Keadaan Manusia Ketika Dibangkitkan
  • Bagikan