Topik : 

5 Penyebab Dosa Kecil Bisa Berubah Menjadi Dosa Besar Tanpa Disadari

Reporter : Jailani Tong Editor: Aulia
DelikNTT.com
dosa kecil berubah jadi dosa besar
Gambar: Ilustrasi dosa kecil berubah menjadi besar karena 5 penyebab

DelikNTT.Com – Setiap manusia di muka bumi ini tidak yang sempurna atau luput dari dosa, baik itu dosa kecil maupun dosa besar.

Berbuat dosa adalah tempatnya manusia, itu sebabnya manusia dering disebut dengan istilah tempat khilaf. Namun, ketika dosa-dosa itu tersu dilakukan secara terus menerus, maka ini yang menjadi sebuah kesalahan.

Berikut ini adalah beberapa alasan atau penyebab, dosan kecil akan berubah menjadi dosa yang besar tanpa disadari oleh seseorang.

1. Terus menerus.

Melakukan dosa kecil secara terus menerus menjadikannya besar.

Allah Ta’ala berfirman,

وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ

“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka. Dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak terus menerus melakukan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (QS. Ali ‘Imraan [3]: 135).

Baca Juga :  Makna Sujud Dalam Sholat
Disclaimer:
Artikel Ini Merupakan Kerja Sama DelikNTT.Com Dengan Ustaz Badrusalam hafizhahullah. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Ustaz Badrusalam hafizhahullah.
  • Bagikan