Topik : 

3 Amalan Menjelang Bulan Ramadan yang Perlu Dilakukan

Kontributor : Jun Editor: Redaksi
DelikNTT.com
Baca Al quran
Gmabar: 3 amalan yang perlu dilakukan menjelang datangnya bulan ramadan

DelikNTT.Com – Bulan Ramadhan tidak sekedar bulan puasa, namun juga merupakan bulan di mana segala amalan kebaikan yang dilakukan dengan niat ikhlas karena Allah Swt, maka akan dilipatgandakan.

Selain itu, bulan ramadan juga menjadi bulan di mana pintu ampunan Allah terbuka lebar, sehingga besar kemungkinan segala perbuatan dosa yang perna dilakukan selama 11 bulan yang lalu akan dihapus oleh Allah dan menjadi bersih kembali.

Oleh karena ramadan menjadi bulan yang sangat penting dan dinanti-nanti bagi setiap umat muslim, maka dari itu, persiapan yang matang dan sungguh-sungguh sangat diperlukan agar dapat memaksimalkan dalam meraih manfaat spiritual selama sebulan penuh.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan yaitu perbanyak amal shalih, terutama puasa sunah. Puasa sunah dalam pandangan islam tidak hanya menambah pahala, namun puasa juga menjadi salah satu penyebab Allah jauhkan dirinya dari api neraka. Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Rasulullah Muhammad Saw.

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُولُ مَنْ صَامَ يَوْمًا فِي سَبِيلِ اللهِ بَعَّدَ اللهُ وَجْهَهُ عَنْ النَّارِ سَبْعِينَ خَرِيفًا [رواه البخاري ومسلم والترمذي والنسائي وأحمد والدارمي وابن ماجه]

“Dari Abi Said al-Khudri r.a. [diriwayatkan bahwa] ia berkata: Saya pernah mendengar Rasulullah saw bersabda: Barangsiapa berpuasa pada suatu hari di jalan Allah, maka Allah akan menjauhkannya dari api neraka selama 70 tahun”. [HR. al-Bukhari, Muslim, at-Tirmidzi, an-Nasai, Ahmad, ad-Darimiy, dan Ibnu Majah].

Baca Juga :  Sabar dalam Musibah
  • Bagikan