Topik : 

Gagasan Strategis, Makan Siang Gratis Bagi Indonesia Emas 2045

Reporter : JT Editor: Redaksi
DelikNTT.com
23 55 48 965384 09325714032023 WhatsApp Image 2023 03 08 at 08.57.34 Recovered
Foto: Fahri Hamzah Mantan Pimpinan DPR RI / Wakil Ketua Umum Gelora

Oleh: Fahri Hamzah (Kordinator Kesra DPR RI 2014-2019) Wakil Ketum Partai Gelora

Gagasan Prabowo tentang makan gratis bukan saja orisinil dan baru bagi Indonesia, tapi ini adalah gagasan yang strategis. Makanya dalam debat, sulit dibantah. Tak ada statement yang tegas dari kedua lawan debat untuk mengatakan tidak setuju.

Tentang kritik Ganjar yang mengatakan penanganan stunting terlambat dengan makan gratis, menunjukkan kurang dalamnya Ganjar memahami inti persoalan.

Inti persoalan anak-anak Indonesia adalah “kekurangan gizi kronis” yang menyebabkan mereka mengalami stunting dan gizi buruk. Stunting merujuk pada pertumbuhan tinggi badan yg tidak sesuai dengan usianya (pendek) dan gangguan perkembangan otak. Sedangkan gizi buruk merujuk pada pertumbuhan berat badan yang tidak sesuai usianya (kurus).

Bagaimana mengintervesinya? Dicegah dengan cara memberikan asupan makan bergizi untuk ibu hamil sampai melahirkan dan membesarkan. Oleh sebab itu, program Prabowo-Gibran adalah memberikan bantuan makan bergizi untuk ibu hamil.

Apakah yang sudah terlanjur stunting didiamkan saja? Tidak ada kata terlambat. Karena pada dasarnya stunting adalah masalah kekurangan gizi. Ketika mereka masuk usia sekolah, program bantuan gizi melalui makan gratis di sekolah harus tetap dilakukan. Karena dengan gizi yang baik, selain akan membuat anak tumbuh sehat, juga akan menunjang perkembangan otak anak. Dan pada akhirnya akan memperbaiki kinerja belajar anak. Banyak literatur akademik dan pengalaman empiris banyak negara yang telah membuktikannya.

Makan siang gratis di sekolah ini juga akan mengurangi beban ekonomi orang tua terutama dalam upaya memberikan makanan yang bergizi tinggi. Realitanya, sebagian besar keluarga miskin dan pra-sejahtera tidak mampu menjangkau akses makanan bergizi.

Baca Juga :  PRABOWO BERTAHAN, GANJAR SEIMBANG, ANIES ATTRAKTIF (Catatan Debat Ke-3)
  • Bagikan