Topik : 

Cara Cek TPS Mudah dan Cepat, Cukup Pakai HP

Kontributor : Jailani Tong Editor: Redaksi
DelikNTT.com
images 4

DelikNTT.Com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah memutuskan pemilihan umum dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Sementara itu, masa tenang kampanye dimulai sejak 11 – 13 Februari 2024.

Masa tenang dalam pemilu dijelaskan pada poin 10 Pasal 1 Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022. Masa tenang ini dimaksudkan tidak ada aktivitas politik apapun.

Pemilu merupakan sarana bagi setiap warga negara untuk menggunakan haknya sebagai warga negara untuk memilih sesuai dengan pilihannya.

Bagi setiap pemilih, mengetahui tempat pemungutan suara (TPS) adalah hal yang sangat penting. Untungnya pemeriksaan TPS dapat dilakukan dengan mudah dan cepat tanpa memerlukan waktu lama dengan langkah-langkah yang sangat sederhana.

Langkah-langkah di bawah ini penting dicermati oleh setiap pemilih agar dapat mengetahui dimana lokasi TPS tempat ia mencoblos nanti di 14 Februari 2024.

Pertama, buka situs resmi KPU melalui alamat cekdptonline.kpu.go.id. Situs ini dirancang khusus untuk memudahkan pemilih dalam mengecek informasi terkait lokasi TPS.

Kedua, masukkan data pribadi yang diperlukan, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor Paspor bagi Pemilih Luar Negeri. Setelah data terisi, sistem dengan sendirinya akan menampilkan hasilnya.

Setelah data muncul di layar, disarankan para pemilih untuk mengecek kembali informasi tersebut guna memastikan TPS-nya.

Baca Juga :  Berikut 5 Tuntutan Civitas Akademika UMJ
  • Bagikan