Topik : 

Abdul Mu’ti: Pernyataan Sikap Dewan Guru Besar UMY Tidak Mewakili PP Muhammadiyah

Kontributor : JT Editor: Redaksi
DelikNTT.com
Guru Besar UMY
Foto: Dewan Guru Besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) saat pembacaan pesan kebangsaan dan imbauan moral kepada seluruh penyelenggara negara di Kampus UMY.

DelikNTT.ComDewan Guru Besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), pada Sabtu (03/02/24) bertempat di depan gedung Rektorat membacakan pesan kebangsaan dan imbauan moral kepada penyelenggara negara.

Pernyataan itu dibacakan secara langsung oleh Prof. Akif Khilmiyah, M.Ag. Isi dari pernyataan tersebut diantaranya adalah meminta kepada Presiden RI Bapak Joko Widodo agar dalam menjalankan kewajibannya sebagai kepala negara sesuai dengan konstitusi.

Dewan Guru Besar UMY, melalui Akif menyampaikan “Kami menuntut para penyelenggara negara serta aparat hukum seperti polisi dan kejaksaan untuk bersikap netral dalam kontestasi Pemilu 2024. Termasuk juga kepada lembaga peradilan yang harus mengedepankan independensi dan imparsial dalam menangani berbagai sengketa serta pelanggaran selama proses Pemilu 2024 agar terlaksana secara jujur dan adil,” ujarnya.

Pesan kebangsaan dan imbauan moral itu dikeluarkan didasari atas pandangan Dewan Guru Besar UMY atas ekskalasi politik dan indikasi minimnya etika bernegara dalam kurun waktu satu tahun terakhir ini yang cenderung ingin mempertahankan sebuah kekuasaan.

Guru Besar Bidang Evaluasi Pendidikan itu juga mengingatkan kepada seluruh pelaksana pemilu, agar dapat bersikap independen. Selain itu, ia juga mendesak kepada seluruh partai politik lebih mengedepankan politik gagasan sehingga memberikan edukasi kepada masyarakat serta meminta agar praktik-praktik politik uang dihindari.

Baca Juga :  Ini Alasan Jane Natalia Suryanto Maju di Pilkada NTT
  • Bagikan