Topik : 

Sudahkah Indonesia Merdeka

Reporter : Jailani Tong Editor: Redaksi
DelikNTT.com
images 4

DelikNTT.Com – Tepat hari ini 17 Agustus 2023 seluruh bangsa Indonesia dimanapun ia berada dari yang kecil hingga usia tua, baik yang tinggal di kota dan juga di desa semuanya merayakan hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke 78.

Perayaan kemerdekaan tersebut dibuat semeriah mungkin melalui berbagai rangkaian kegiatan maupun perlombaan termasuk di dalamnya perlombaan tradisional yang masih dipegang teguh oleh masyarakat terutama di pedesaan, seperti lomba lari karung, makan kerupuk, tarik tambang, panjat pinang dan lain sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar seluruh masyarakat dapat merefleksikan kembali betapa bahagianya para mujahid dan pahlawan karena telah berhasil mengusir parah penjajah dari tanah Indonesia yang tercinta.

Jika usia kemerdekaan bangsa Indonesia dibawah kedalam usia manusia, maka WHO mengkategorikan usia tersebut ke dalam usia lansia tua (old). Tentu bisa kita bayangkan, seseorang dengan usia tersebut menurut teori biologi secara fisik sudah tidak kuat lagi, mudah tersinggung, dan dalam teori psikologi ia kembali seperti anak kecil (tingkah laku). Tentu hal tersebut sangat jauh berbeda dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini yaitu lebih kuat, dewasa, dan harmonis dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.

Keharmonisan dalam hubungan bermasyarakat bangsa Indonesia di tengah-tengah kemajemukan tentu didorong oleh semangat yang sama yaitu Khebinnekaan (berbeda tapi satu) walaupun masih terdapat beberapa persoalan sosial namun dapat diatasi dengan baik.

Sudahkah Indonesia Merdeka

Merdeka adalah suatu kondisi atau status dimana suatu negara atau individu bebas dari penjajahan, kendali asing, atau ketergantungan yang merugikan. Dalam konteks Indonesia, “Merdeka” mengacu pada kemerdekaan negara ini dari penjajahan Belanda pada tanggal 17 Agustus 1945.

Secara fakta, Indonesia telah merdeka dari para penjajah dan hal tersebut telah diakui oleh dunia, namun kenyataannya, hingga dengan saat ini bangsa Indonesia masih dijajah dalam beberapa aspek

Kesehatan

  • Bagikan