Topik : 

Pengertian dan Sejarah Perkembangan ICT

Kontributor : JT Editor: Redaksi
DelikNTT.com
glossary 1122x777 What is ICT
Gambar: Istimewah

 Oleh: Jailani Tong, M.Pd. / Dosen PGMI STAI Kupang

A. Pengertian ICT

DelikNTT. Com – Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) berasal dari Bahasa Inggris yaitu information and Comunication Technologies (ICT) yang mencakup mecakup seluruh peralatan teknis untukmemproses dan menyampaikaninformasi. ICT mencakup dua aspek yaitu:

1. IT, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.   

2. CT, meliputi segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Menurut Munir  Information Technologies (IT) adalah suatu  teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses,  mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang  relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan aspek strategis untuk pengambilan keputusan.

Sedangkan Comunication Technologies (CT) yang menurut Munir adalah perangkat-perangkat teknologi yang terdiri dari hardware, software, proses dan sistem yang digunakan untuk membantu proses komunikasi, yang bertujuan agar komunikasi berhasil (komunikatif).

Dari kedua pengertian tersebut, teknologi informasi dan teknologi komunikasi merupakan dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemprosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antarrmedia.

B. Sejarah Perkembangan ICT

Saat Informasi  disebarkan dan diperoleh dengan menggunakan lambang dan isyarat, serta teknologi yang tersedia pada zamannya, seperti misalnya “kentongan” asap api, bendera (semapora), dan lain-lain. Sekotar tahun 1330-an seseorang matematikawan inggris, charles Babbage sudah memprediksi bahwa semua macam informasi akan dapat di manu-publikasikan oleh mesin, apabila informasi itu dapat di olah dahulu dalam bentuk angka.

Baca Juga :  KKG PAI Zona II Lembata Gelar Pertemuan Susun Naskah UAS

Baru sekitar seratus tahun kemudian presiksi Babbage merupakan kenyataan dengan lahirnya komputer elektronik. Dengan menggunakan sistem binary telah distandardisasikan bahasa komputer 8 bit (ASCII) untuk pengolahan kata. Bahasa komputer itu terus berkembang, sehingga musik dan foto pun dapat diolah dan dimanipulasi oleh mesin.

Teknologi informasi sebagai suatu produk dan proses sekarang ini telah berkembabang dengan sangat pesat. Perkembangan itu mempengaruhi segenap kehidupan kita dalam  berbagai bentuk aplikasi. Tofler menggambarkan perkembangan itu sebagai revolusi yanng berlangsung dalam tiga gelombang.

  • Bagikan