Topik : 

Pengelolaan Kelas Indoor dan Outdoor Untuk Pembelajaran Sains di Sekolah

Reporter : JT Editor: Aulia
DelikNTT.com
IMG20190315073631
Gambar: Istimewah
Oleh: Jailani Tong, M.Pd. / Dosen PGMI STAI Kupang

DelikNTT.Com – Salah satu unsur dari pengelolaan  kelas adalah  penataan  kelas. Penataan kelas memerlukan perhatian dan perencanaan yang sungguh-sungguh dalam proses pembelajaran.

Dalam penataan ruang kelas penting untuk dilakukan dengan terencana untuk mendukung proses pembelajaran.  Aktivitas murid dan mobilitas belajar  sangat  tinggi. Di mana murid dituntut untuk belajar mandiri, mengerjakan tugas, mengambil dan mengembalikan bahan belajar, menyimpan alat, melakukan pengamatan baik secara individual maupun kelompok, semuanya dilakukan secara terarah dan tidak diawasi guru secara terus menerus.

Karena murid harus melakukan  kegiatan sendiri dalam kelas, maka murid-murid tersebut harus akrab dengan ruang kelasnya. Mereka harus merasa seperti ada dalam rumahnya sendiri, proses belajar berjalan lancar karena murid telah mengenal ruang kelas dengan baik, dimana  mereka  mengambil, mengembalikan, menyimpan sesuatu yang berkaitan dengan bahan pembelajaran sudah dihafalnya.

Untuk mendukung kegiatan murid tersebut, maka ruangan kelas harus ditata dengan sangat baik, agar tercipta suatu lingkungan yang kondusif agar para murid dapat belajar dengan efektif. Penataan  semua  benda  tersebut  akan mempengaruhi terhadap murid yang belajar dan juga proses pembelajaran.

Pembelajaran sains di kelas juga memerlukan rancangan yang matang dari guru. Menurut Lily Barlia (2009) ada empat strategi yang dapat dilakukan oleh guru dalam rangka mengantisipasi terhalangnya motivasi anak untuk belajar sains di dalam kelas, yaitu membantu anak menginterpretasikan tugas-tugas sains, membantu anak meningkatkan pemahaman konsep sains, membantu anak menyadari pentingnya pemahaman konsep sains, dan membantu anak untuk mengembangkan sikap positif pada sains.

Pengelolaan pembelajaran sains juga tidak hanya menyangkut pembelajaran sains di dalam ruang kelas (indoor), tetapi juga pembelajaran sains di luar ruang kelas (outdoor). Oleh karena itu, pengelolaan kelas dalam kegiatan belajar mengajar sains memerlukan persiapan dan eksekusi dari guru yang sesuai dengan rencana yang telah disusun.

Berdasarkan paparan tersebut, makalah ini membahas mengenai pengelolaan kelas untuk pembelajaran sains, termasuk merancang ruang kelas serta pengelolaan kelas pembelajaran sains indoor maupun outdoor.

  • Bagikan