Topik : 

Motode Pembelajaran Demonstrasi di Sekolah

Kontributor : JT Editor: Redaksi
DelikNTT.com
model pembelajaran demonstrasi
Gambar: Istimewah
Oleh: Jailani Tong, M.Pd. / Dosen PGMI STAI Kupang

1. Hakikat Demonstrasi

Metode berasal dari bahasa latin “methodos” yang berarti jalan yang harus dilalui. Menurut Nana Sudjana, metode adalah cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pelajaran, oleh karena itu peranan metode pengajaran sebagai alat untuk menciptakan proses belajar mengajar. Sedangkan menurut Moedjiono dan Dimyati, metode adalah cara untuk melakukan sesuatu atau cara untuk mencapai suatu tujuan.

Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa metode adalah suatu cara yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam kegiatan pembelajaran, metode sangat diperlukan oleh guru untuk mencapai sebuah tujuan yang diinginkan.Moore menyatakan bahwa demonstrasi adalah metode ketika seorang guru atau individu yang telah ahli memperagakan suatu proses di depan kelas.“The demonstration is the method in which the teacher or another designated individual stands before class, shows something, and tells what is happening or what has happened, or asks students to discuss what has happened. A demonstration, then, is a process of teaching by means of using material and displays to make information accessible to students.”

Winaputra menyatakan bahwa metode demonstrasi adalah metode mengajar yang menyajikan dengan mempertunjukan secara langsung objeknya atau cara melakukan sesuatau untuk mempertunjukan proses tertentu.

Berdasarkan uraian para ahli tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi adalah cara guru untuk melaksanakan pembelajaran melalui penjelasan lisan yang disertai dengan peragaan suatu proses secara langsung dengan menggunakan alat bantu baik bersifat sebenarnya maupun tiruan.

2. Karakteristik Metode Demonstrasi

Terdapat beberapa karakteristik metode demonstrasi sebagai berikut:

1) Mempertunjukkan objek sebenarnya.

Baca Juga :  5 Metode Penanaman Karakter Melalui Hizbul Wathan

2)  Ada proses peniruan.

3)  Ada alat bantu yang digunakan.

4) Memerlukan tempat yang strategis yang memungkinkan seluruh siswa aktif.

5) Guru maupun individu lain yang sudah berpengalaman mampu memperagakan demonstrasi di depan kelas.

3. Tujuan Metode Demonstrasi

Tujuan penggunaan metode demonstrasi adalah sebagai berikut:

1) Mengajarkan suatu proses atau prosedur yang harus dimiliki peserta didik atau dikuasai peserta didik.

2) Mengkonkritkan informasi atau penjelasan kepada peserta didik.

3) Mengembangkan kemampuan pengamatan, pendengaran dan penglihatan para peserta didik secara bersama-sama.

4. Langkah-langkah Metode Demonstrasi

  • Bagikan