Topik : 

Model Pembelajaran Inkuiri: Keterampilan Berfikir Kritis dan Kreatif

Reporter : JT Editor: Redaksi
DelikNTT.com
Inquiry Based Learning
Gambar: Istimewah

 Oleh: Jailani Tong, M.Pd /  Dosen PGMI STAI Kupang

A. Pengertian Pembelajaran
Inquiry

DelikNTT.Com – Menurut Mulyasa, inquiry adalah cara menyadari apa yang telah dialami. Sistem belajar mengajar ini menuntut peserta didik berpikir. Metode ini menempatkan peserta didik pada situasi yang melibatkan mereka pada kegiatan intelektual, dan memproses pengalaman belajar menjadi sesuatu yang bermakna.

Sementara itu menurut Roestiyah, inquiry merupakan istilah dalam bahasa Inggris, yang artinya suatu teknik atau cara yang digunakan guru untuk mengajar di depan kelas. Secara umum inquiry adalah proses dimana para saintis mengajukan pertanyaan tentang alam dunia ini dan bagaimana mereka secara sistematis mencari jawabannya.

Berdasarkan pengertian tersebut pembelajaran inquiry adalah pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam kegiatan intelektual, sehingga peserta didik dapat mengajukan pertanyaan tentang alam dunia, berpikir kitis, sistematis, dan pada akhirnya mereka dapat menemukan sendiri jawabannya.

Sanjaya menyatakan pembelajaran inquiry adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan.  Pembelajaran inquiry menurut pendapat Sanjaya dapat di jelaskan untuk mengasah proses berpikir siswa secara mandiri, menguji kemampuan siswa untuk bisa mencari dan menemukan jawaban yang diberikan, dalam hal ini siswa dituntut untuk aktif dan percaya diri agar dapat menyelesaikan tugas yang telah diberikan.

Sani menambahkan pembelajaran inquiry adalah pembelajaran yang melibatkan siswa dalam merumuskan pertanyaan yang mengarahkan untuk melakukan investigasi dalam upaya membangun pengetahuan dan makna baru.  Pada pendapat Sani diatas pembelajaran inquiry merupakan keterlibatan siswa yang melakukan investigasi untuk mencari suatu penemuan baru yang didapatkan oleh siswa secara mandiri, hal ini dapat
membangun pengetahuan dan wawasan baru bagi siswa dalam memahami suatu pembelajaran khususnya IPA.

Piaget mengemukakan bahwa strategi inquiry merupakan strategi yang mempersiapkan peserta didik pada situasi untuk melakukan eksperimen sendiri secara luas agar melihat apa yang terjadi, ingin melakukan sesuatu, mengajukan pertanyaan-pertanyaan, dan mencari jawabannya sendiri, serta menghubungkan penemuan yang satu dengan penemuan yang lain, membandingkan apa yang ditemukannya dengan yang ditemukan peserta didik lain.

  • Bagikan