Topik : 

Menghadapi Era Digital: Tantangan Dan Peluang Bagi Dunia Pendidikan

Reporter : Jailani Tong Editor: Redaksi
DelikNTT.com
dt sekolah digital mewujudkan sekolah di ruang digital PXNE9VOnkT

DelikNTT.Com – Dunia telah memasuki era baru yaitu era teknologi atau digital. Kemajuan teknologi (dugitalisasi) memberikan pengaruh signifikan terhadap seluruh elemen kehidupan termasuk dunia pendidikan.

Kehadiran teknologi telah mengubah paradigma dunia pendidikan. Namun, harus diakui bahwa, kemajuan teknologi saat ini, seperti dua sisi mata uang, disatu sisi memberikan peluang atau kemudahan untuk memajukan dunia pendidikan, namun, pada sisi yang lain, teknologi menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan.

Beberapa tantangan yang dihadapi oleh dunia pendidikan dalam menghadapi era digital.

Pertama, etika: Tujuan pendidikan yakni mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri serta menjadi warga negara yang demokratis. Sementara itu, kemajuan teknologi yang begitu pesat dan tidak bisa ditolak,  tidak menutup kemungkinan akan mengancam tujuan dari pendidikan yang telah dicita-citakan.

Kedua, budaya: Menurut Mitchel, budaya merupakan seperangkat nilai-nilai inti, kepercayaan, standar, pengetahuan, moral, hukum, dan perilaku yang disampaikan oleh individu-individu dan masyarakat, yang menentukan bagaimana seseorang bertindak, berperasaan, dan memandang dirinya serta orang lain.

Salah satu harta warisan yang ditinggalkan oleh leluhur bangsa Indonesia yang hingga saat ini masih tetap dijaga adalah budaya. Walaupun demikian, harus diakui bahwa budaya Indonesia sudah hampir hilang.

Tantangan-tantangan ini menunjukkan bahwa pendidikan di era digital memerlukan strategi yang bijaksana, investasi yang tepat, dan kerja sama antara lembaga pendidikan, pemerintah, dan sektor swasta untuk mengatasi masalah ini secara efektif. Selain itu, perlu memastikan bahwa teknologi digunakan sebagai alat untuk meningkatkan pendidikan, bukan sebagai pengganti pengalaman pendidikan yang berharga.

Selain tantangan, dunia pendidikan juga memiliki peluang dengan hadirnya teknologi.

  • Bagikan