Topik : 

Masa Depan Pendidikan dalam Musyawarah Muhammadiyah

Reporter : Jailani Tong Editor: Redaksi
DelikNTT.com
2doeloe 1978
Gambar: Beberapa pengurus Muhammadiyah

Pengenalan tentang Muhammadiyah dan Sekolah Muhammadiyah

DelikNTT.Com – Muhammadiyah adalah sebuah gerakan reformasi Islam yang didirikan di Yogyakarta, Indonesia, pada tanggal 18 November 1912 oleh KH Ahmad Dahlan. Gerakan ini bertujuan untuk mengembalikan ajaran Islam ke dalam bentuk yang lebih murni dan mengatasi banyak praktik-praktik lokal atau kepercayaan yang dianggap bertentangan dengan ajaran Islam asli.

Muhammadiyah didirikan oleh KH Ahmad Dahlan sebagai respons terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan politik yang dianggap merugikan masyarakat Muslim pada masa kolonial Belanda di Indonesia. Tujuannya adalah untuk memberikan pendidikan dan bantuan sosial kepada masyarakat Muslim yang lebih baik serta memurnikan ajaran Islam dari praktik-praktik yang dianggap menyimpang.

Dalam perkembangannya, kini Muhammadiyah telah tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Kupang Nusa Tenggara Timur. Selai itu, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Kupang telah memiliki belasa Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan juga beberapa lembaga pendidikan, mulai dari tingkat sekolah dasar sampai tingkat menengah yang tersebar di beberapa wilayah di Kota Kupang.

Pentingnya Pendidikan dalam Islam

Pendidikan merupakan suatu bagian terpenting dalam proses perkembangan suatu bangsa. Munculnya tokoh pemikir yang peduli terhadap pendidikan bangsa Indonesia menjadi faktor pendorong pergerakan nasional di Indonesia. Ahmad Dahlan salah satu tokoh yang peduli terhadap pendidikan bangsa Indonesia.

  • Bagikan