Topik : 

Karakteristik dan Syarat menentukan Program Sekolah

Reporter : JT Editor: Redaksi
DelikNTT.com
image
Gambar: Istimewah

A. Karakteristik Program Kerja Sekolah

a. Dibuat berdasarkan pertimbangan yang mendasar

DelikNTT.Com – Karakteristik program kerja sekolah atau kelembagaan harus dibuat berdasarkan pertimbangan yang mendasar, yakni berdasarkan atas aturan dan dasar-dasar tujuan pendidikan nasional, standar nasional pendidikan, visi misi sekolah, tuntutan zaman dan sesuai dengan tuntutan kurikulum.

b. Relevan  dengan tuntutan zaman

Suatu program kelembagaan seyogyanya dapat relevan dengan tuntutan zaman, dengan demikian program yang dibuat memberikan pengalaman dan pembelajaran yang terbarukan kepada siswa, serta dapat memberikan berbagai kemudahan dalam proses pembelajaran di sekolah.

c. Bersifat dinamis

Program kelembagaan yang baik itu bersifat dinamis, artinya akan selalu mengalami perubahan. Artinya program yang dibuat selalu dikoreksi berbagai kelemhananya dan ditingkatkan secara terus menerus. 

d. Berkesinambungan dengan kurikulum

Program kelembagaan yang baik harus relevan dengan kurikulum, dengan adanya kesinambungan akan memudahkan terlaksananya program yang dibuat serta relevan dengan materi pembelajaran. Dalam hal ini program yang dibuat dan disusun memberikan fasilitas dan wadah untuk siswa dalam rangka mengembangkan bakatnya sesuai dengan bidang yang diminatinya.  

e. Relevan dengan sarana dan prasarana yang tersedia

Program yang disusun harus dapat disesuaikan dan dipertimbangkan dengan sarana dan prasarana yang tersedia dan mendukung pada kelembagaan. Dengan hal demikian akan memberikan kemudahan dan analisis mengenai program apa saja yang dapat dilaksanakan dalam suatu lembaga, sehingga dimungkinkan pula dapat mengurangi terjadinya permasalahan dalam pelaksanaannya.

f. Dirumuskan secara musyawarah dan mufakat

Program yang baik dibuat, dirumuskan dan disetujui oleh bersama antara pimpinan, pendidik, tenaga kependidikan, perwakilan orang tua siswa serta komite sekolah. dalam hal ini apa yang disusun dan dirumuskan dalam program kelembagaan sekolah diketahui oleh pimpinan dan seluruh warga sekolah.

g. Bersifat Universal

  • Bagikan