Topik : 

Fungsi ICT di Dunia Pendidikan

Kontributor : JT Editor: Redaksi
DelikNTT.com
Fungsi
Gambar: Istimewah

Oleh: Jailani Tong, M.Pd. / Dosen PGMI STAI Kupang

lingkartiga.online – Terdapat beberapa macam pengklasifikasian fungsi ICT dalam pendidikan, secara umum pengklasifikasian yang paling komprehensif dan bermakna mendeskripsikan fungsi-fungsi penggunaan ICT dalam pendidikan sebagai berikut: 1) ICT sebagai obyek, 2) ICT sebagai perangkat pembantu, 3) ICT sebagai manajemen pembelajaran, dan 4) ICT Sebagai media pengajaran dan pembelajaran.

1. ICT Sebagai Obyek

ICT sebagai obyek mengarah kepada pembelajaran tentang ICT, yang sebagian besar terorganisir pada kursus/pelajaran spesifik. Apa yang dipelajari bergantung kepada tipe pendidikan dan tingkatan siswa. Kurikulum ICT menyiapkan siswa untuk pekerjaan di masa depan dan kehidupan sosialnya. Terdapat beragam tipe dari kursus/pelajaran short term, long term, dan modular yang ditawarkan dalam area ini untuk memenuhi permintaan yang terus bertambah akan personal yang terampil dalam industri software.

ICT digunakan sebagai perangkat pembantu, misalnya untuk mengerjakan tugas, mengumpulkan data dan dokumentasi, berkomunikasi dan menjalankan penelitian. Perangkat ini bersifat independen dari konten subyek. Perangkat pembantu umumnya bisa berupa perangkat yang general maupun terspesialisasi dalam aplikasinya. Beberapa contoh perangkat yang umum digunakan dijelaskan sebagai berikut.

a. Word Processing and Publishing Tools—menyiapkan, menyunting, dan memproduksi materi tertulis, tabel, dan grafik;

b. Freehand and Geometric Drawing Tools—merencanakan dan memproduksi representasi berbentuk ilustrasi atau gambar tentang peristiwa, ide, dan artifak;

c. Database Tools—mencari, menyimpan, mengkategorikan, serta mengatur data dan informasi;

d. Statistical Analysis and Modelling Tools—mendeduksi tren dan pola, mengorganisir dan mensintesis informasi;

e. Multimedia and Authoring Tools—menangkap, menyunting, memodifikasi integrasi teks, grafik, audio, dan video informasi;

f. Simulation Tools—merencanakan dan menguji ide dan hipotesis, dan memproyeksi konsekuensi masa depan;

Baca Juga :  Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Animation Tools—menciptakan, menyunting, dan memodifikasi animasi 2D dan 3D.

2. ICT Sebagai Manajemen Pembelajaran

ICT sebagai manajemen pembelajaran mengarah kepada aplikasi software yang digunakan untuk organisasi dan manajemen lembaga yang secara luas dikenal sebagai sistem informasi manajemen pendidikan. Penggunaan ict untuk penyimpanan data dan pusat data (database), ujian, dan tujuan administratif lain adalah beberapa contoh aplikasi dalam kategori ini.

3. ICT Sebagai Media Pengajaran Dan Pembelajaran

  • Bagikan