Topik : 

Benar Itu Indah

Kontributor : Wardjito Soeharso Editor: Aulia
DelikNTT.com
Wardjito Soeharso

Oleh: Wardjito Soeharso

Kekuatan utama ilmu pengetahuan (science) adalah kebenaran (truth). Maka, tugas utama ilmuwan adalah mengajarkan kebenaran. Proses belajar menemukan kebenaran tentu saja dengan usaha pencarian tak kenal lelah. Melalui kegiatan berpikir mencari jawab atas pertanyaan mengapa dan bagaimana sesuatu bisa muncul mengada dengan membaca, mengamati, observasi, meneliti, mencoba, dan usaha lain sejenis itu. Seorang ilmuwan pasti hidupnya selalu berkutat dengan proses pencarian untuk menemukan kebenaran. Meskipun, penemuannya juga masih bersifat sementara. Bisa saja dengan proses pencarian berikutnya, kebenaran yamg ditemukan hari ini, ternyata masih terdapat kesalahan dan kekeliruan yang harus dibenahi agar kebenaran itu sampai pada titik tertinggi.

Kekuatan seni (art) adalah keindahan (beauty). Maka, tugas utama seniman adalah mengajarkan keindahan. Proses belajar keindahan tentu saja dengan usaha tak kenal lelah meningkatkan dan mengembangkan kualitas dan kapasitas indera penangkap keindahan. Keindahan bisa dinilai dari pandangan mata, pendengaran telinga, pencecapan lidah, pengunyahan dan penelanan mulut, penciuman hidung, penyentuhan kulit, dan gabungan dari semuanya.

Keindahan pada dasarnya adalah selera indera yang memberi perasaan menyenangkan dan menggembirakan. Semua bentuk selera yang bersifat instingtif (naluriah) itu, bisa digabungkan dalam satu kata yang mampu mewakili semua bentuk selera, yaitu kenikmatan. Ketika tubuh merasa nikmat, berarti itu adalah reaksi dari kesesuaian selera dengan aktivitas indera.

Baca Juga :  Puisi: Sepotong Doa
  • Bagikan