Topik : 

Wajah Literasi Indonesia

Kontributor : Jailani Tong Editor: Redaksi
DelikNTT.com
serambi baca illustration hijabver

DelikNTT.Com – Literasi adalah kemampuan membaca dan menulis. Defenisi yang lain menyebutkan literasi adalah kemampuan seseorang dalam membaca, memahami dan juga menulis.

Dalam suatu Negara, literasi dianggap sesuatu yang sangat penting dan erat hubungannya dengan pembangunan serta kemajuan Negara tersebut. Jika dalam suatu Negara mengalami literasi yang sangat rendah, maka akan berdampak buruk pada keberlangsungan Negara tersebut atau dengan kata lain mengalami ketertinggalan dalam segala aspek.

Wajah literasi adalah dimaksudkan untuk menjelaskan kepada publik terkait dengan tingkat literasi disuatu wilayah atau Negara tertentu, agar diketahui dan menambah wawasan dan juga pengetahuan.

Tes PISA adalah penilaian internasional tiga tahunan yang diselenggarakan oleh Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD). Tes ini mengukur kemampuan anak-anak usia lima belas tahun dalam membaca, matematika, dan sains. Indonesia pertama kali mengikuti Programme For International Student Assessment (PISA) pada tahun 2000 dan hasil PISA digunakan sebagai sumber referensi untuk mengambil sebuah kebijakan dalam dunia pendidikan.

Hasil PISA Membaca

Hasil publikasi survey Programme For International Student Assessment (PISA) menunjukan bahwa, pada tahun 2006 Indonesia menempati peringkat ke 48 dengan skor 393 dari total 65 Negara. Di tahun 2009, Indonesia menduduki peringkat ke 57 dengan skor 402 dari total 65 Negara, sedangkan pada tahun 2012 Indonesia menduduki peringkat ke 60 dengan skor 396 dari total 65 peserta Negara untuk kategori membaca.

Hasil survey tersebut menunjukan bahwa literasi bangsa Indonesia selalu mengalami penurunan dari sisi peringkat. Walaupun demikian, pada 2009 skor literasi Indonesia mengalami kenaikan dari 393 pada tahun 2006 menjadi 402 di tahun 2009. Kenaikan skor di tahun 2009 tidak lantas menaikan peringkat, justru sebaliknya, semakin menurun yaitu dari peringkat ke 48 di tahun 2006 menjadi peringkat ke 57 di tahun 2009. Sedangkan pada tahun 2012 literasi Indonesia mengalami penurunan skor yakni 396.

Baca Juga :  Mahasiswa Baru STAI Kupang Belajar Investasi Dengan Bursa Efek Indonesia
  • Bagikan