Pendidikan, Keluarga, Lingkungan dan Perilaku

Reporter : Aulia Editor: Redaksi
DelikNTT.com
download
Gambar: Istimewah

Delikntt.Com  – Tujuan pendidikan sebagaimana yang diamanahkan dalam sistem pendidikan Nasional adalah menciptakan manusia yang memiliki kepribadian yang unggul yaitu kepribadian yang tidak hanya mencintai Tuhannya tapi juga mencintai sesama manusia termasuk orang yang lebih tua secara usia dari kita.

Pada kenyataannya, tujuan pendidikan yang diharapkan tidak sejalan dengan apa yang diharapkan. Hal ini yang kemudian disebut sebagai masalah, sebab antara harapan dan kenyataan berjalan tidak seimbang.

Setiap masalah yang datang disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk masalah dalam dunia pendidikan. Pendidikan yang seharusnya mampu melahirkan manusia yang terdidik ternyata jauh dari harapan itu sendiri.

Berbagai faktor yang menjadi persoalan dalam dunia pendidikan terlebih kaitannya dengan perilaku siswa ternyata dapat disebabkan oleh dunia pendidikan, keluarga dan juga lingkungan. Setiap masalah yang ada, tidak bisa dilihat secara terpisah sebab semuanya saling erat kaitannya.

Perilaku merupakan seperangkat perbuatan atau tindakan seseorang dalam melalukan respon terhadap sesuatu dan kemudian dijadikan kebiasaan karena adanya nilai yang diyakini.

Pernyataan di atas dapat dijadikan sebagai rujukan atas kebiadaban siswa kepada seorang nenek.

Hal yang dilakukan oleh siswa kepada nenek tersebut sebagaimana tergambar dalam video singkat bisa jadi disebabkan oleh faktor lingkungan tempat ia berinteraksi dengan teman sebayanya.

Disclaimer:
Artikel Ini Merupakan Kerja Sama DelikNTT.Com Dengan Jailani Tong. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Jailani Tong.
  • Bagikan