Topik : 

Pemuda Muhammadiyah Abad 21

Reporter : JT Editor: Redaksi
DelikNTT.com
PM
Gambar: Istimewah

Oleh: Jailani Tong, M.Pd / Dosen STAI Kupang

Delikntt.Com – Pemuda Muhammadiyah adalah salah satu organisasi kepemudaan yang memiliki peran penting dalam menjaga dan mengawal kemajuan bangsa Indonesia

Pemuda Muhammadiyah bagian yang tidak bisa terpisahkan dari Muhammadiyah. KH. Ahmad Dahlan perna berpesan bahwa Muhammadiyah hari ini berbeda dengan Muhammadiyah yang akan datang begitu juga dengan Pemuda Muhammadiyah.

Pandangan KH. Ahmad Dahlan pada saat itu sangat cemerlang dan terbuka, oleh sebab itu, ia meminta para kader Muhammadiyah termasuk Pemuda Muhammadiyah untuk menyiapkan diri untuk bisa beradaptasi dengan perubahan zaman.

Saat ini, dunia telah memasuki abad 21, selain kemampuan intelektual sejumlah kemampuan lain juga harus dimiliki oleh seorang organisatoris terlebih seorang pemimpin.
Pemimpin adalah wajah organisasi, jika pemimpin tidak mampu menggerakkan seluruh kemampuannya, maka dapat dipastikan organisasi tersebut akan lumpuh total, kecuali seorang pemimpin itu berjiwa besar sehingga slogan kepemimpinan “kolektif Kolegial” dapat dijalankan.

Abad 21, adalah abad yang menuntut agar seseorang tidak hanya memiliki kemampuan linier semata akan tetapi menuntut agar memiliki kemampuan interdisipliner (Amin Abdullah).

Pemuda Muhammadiyah selain besar juga memiliki kekuatan politik yang sangat luar biasa, sehingga seorang pemimpin harus dapat bekerjasama dengan baik sehingga tujuan organisasi dapat berjalan sesuai dengan cita-cita Muhammadiyah.

  • Bagikan