Part 4 – Pendidikan Karakter di Tempat Kerja

Reporter : JT Editor: Redaksi
DelikNTT.com
dunia kerja9
Gambar: Istimewah

Oleh: Jailani Tong, M.Pd / Dosen STAI Kupang

Delikntt.Com – Tulisan ini masih ada kaitannya dengan tulisan-tulisan sebelumnya yaitu “pendidikan karakter di keluarga, pendidikan karakter di sekolah, dan pendidikan karakter dalam masyarakat”.

Pada tulisan kali ini, penulis akan membahas perihal pendidikan karakter di tempat kerja. Apakah ini penting? sejauh ini yang penulis ketahui, bahwa pendidikan karakter meliputi segala aspek kehidupan manusia atau dengan kata lain, seluruh aktivitas kehidupan manusia tidak terlepas dari yang namanya pendidikan karakter, termasuk di tempat kerja. Oleh sebab itu, penting untuk dijelaskan mengapa pendidikan karakter di tempat kerja itu penting dan bagaimana pengaruhnya terhadap pekerjaan seseorang, baik dalam jangka pendek maupun jangka yang panjang.
Semuanya pasti akan memberikan kebermanfaatan bagi diri sendiri, sebagaimana yang Allah jelaskan dalam Al-Qur’an bahwa setiap kebaikan walaupun kecil pasti akan ada balasannya.
Setiap individu akan mengalami sebuah proses pertumbuhan yang sama hingga ia tumbuh menjadi manusia dewasa atau yang dapat bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Setiap manusia yang telah dewasa, menginginkan agar secepatnya mendapatkan pekerjaan, keinginan itu akan semakin kuat jika ia sebagai seorang kepala rumah tangga.
Dalam dunia pekerjaan, salah satu hal yang menjadi pertimbangan adalah kepribadian seseorang (karakter). Mengapa demikian, sebab ia akan bekerja dalam sebuah komunitas atau organisasi untuk mencapai suatu tujuan atau target tertentu dengan waktu yang telah ditentukan. Oleh sebab itu, yang dibutuhkan adalah manusia yang memiliki kepribadian yang baik (berkarakter).
  • Bagikan