Topik : 

Nyai. Walidah Tetap Hidup

Reporter : Aulia Editor: Redaksi
DelikNTT.com
Nyai Walidah
Gambar; Nyai. Dahlan (istri Ahmad Dahlan) Pendiri Aisyiyah

DelikNTT.Com – Berbicara tentang perjalanan awal mula berdirinya organisasi masa terbesar di Indonesia yakni Muhammadiyah sama halnya juga kita berbicara tentang siapa saja sosok yang kemudian memprekarsai lahirnya Organisasi tersebut. Nyai.

Walidah atau yang lebih akrab dengan sebutan Nyai. Dahlan adalah salah satunya, sebab beliau adalah istri Ahmad Dahlan yang tentu, juga memberikan pandangan dan inspirasi kepada suaminya (Ahmad Dahlan) sehingga lahirnya organisasi Muhammadiyah.

Di masa awal lahirnya Muhammadiyah, sebagaimana kita ketahui bersama banyak hal sulit yang dilewatinya bersama, baik itu ditantang dan katakan sebagai Kiyai gila dan ucapa tak pantas lainnya yang juga diberikan kepadanya.

Tidak hanya K.H. Darwis (nama asli Ahmad Dahlan) melainkan Nyai. Walidah (nama asli Nyai. Ahmad Dahlan) yang menghibahkan diri sepenuhnya kepada Umat, bangsa dan negara dalam rangka mencerdaskan kehidupan masyrakat kala itu.

Dalam catatan sejarah Nyai. Walidah memiliki peran yang sangat besar dalam mencerdaskan bangsa Indonesia dari kebodohan.

Jika membuka kembali lembaran sejarah Nyai. Walidah, bagaimana perjuangan memberantas buta huruf, kemiskinan dan juga hak-hak kaum wanita dikala itu yang dipasung oleh adat dan budaya serta aturan para penjajah yang tak mau para wanita menuntut ilmu.

Lewat kelompok-kelompok pengajian kecil yang diinisiasi oleh K.H Darwis dan Nyai. Walidah yang diberi nama sopo tresno (embrionya Aisyiyah) untuk memberantas kebodohan, melawan adat budaya yang memasung hak-hak wanita serta melawan para penjajah di tanah air. 

  • Bagikan