Topik : 

Menyedihkannya Muhammadiyah Minoritas

Reporter : Jailani Editor: Redaksi
DelikNTT.com
2023 05 28 muncul varian kristen muhammadiyah ternyata ini latar belakangnya
Gambar: Istimewah

Oleh: As’ad Bukhari, S.Sos., MA

(Analis Intelektual Muhammadiyah Islam Berkemajuan)

DelikNTT.Com – Jika melihat kemajuan Muhammadiyah dalam amal usaha Muhammadiyah, itu merupakan hal yang sudah biasa karena telah terbukti membangun negeri. Melihat Muhammadiyah secara umum tak lepas dari penilaian tentang keberhasilan, perkembangan dan kesuksesan Muhammadiyah dalam melakukan dakwah islam. Persyarikatan Muhammadiyah merupakan sebuah organisasi yang terstruktur, terencana dan terukur setiap gerak langkahnya dalam melakukan program kerja dakwahnya.

Dikenal sebagai ormas islam yang sangat rapi manajemen, administrasi, dan tata kelola setiap tupoksi yang ada. Hal inilah yang membuat Muhammadiyah itu merupakan organisasi islam yang sudah kuat mengakar secara infrastruktur kekuatan amal usahanya. Itu semua merupakan proses yang sangat panjang, berkelanjutan dan sangat efektif untuk menjalankan setiap program kerjanya. Sehingga tak perlu diragukan lagi bilamana ada yang mewakafkan untuk Muhammadiyah, maka dapat menjadi lahan yang sangat produktif serta bermanfaat bagi khalayak.

Hanya saja tidak semua potret kemajuan Muhammadiyah itu terserap dan mengalir sampai pada tingkat bawahnya secara keseluruhan, sebab masih ada sebagian juga yang tertinggal, pasif, zero dan masih merintis bersusah payah lagi berdarah-darah.

Secara general kemajuan Muhammadiyah sangat disarankan pada ringkas Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah. Sedangkan secara spesifik pada tingkat Pimpinan Daerah Muhammadiyah cenderung pertengahan dan yang paling menyedihkan berada di Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Pimpinan Ranting Muhammadiyah. Memang benar secara garis besarnya Muhammadiyah cukup sukses dalam menjaga eksistensi nya di tengah keberagaman yang sangat kompleks.

Muhammadiyah memiliki banyak amal usaha baik dari TK, Paud, Sekolah, Madrasah, Pesantren, Perguruan tinggi, Rumah sakit, Koperasi, Mini market, Klinik, apotek, hotel, panti asuhan, dan lain sebagainya yang itu tergantung pada kemajuan Muhammadiyah di tempat nya masing-masing. Semua memiliki tantangan suka duka masing-masing yang setiap nya memiliki perbedaan yang cukup beragam. Itu juga yang membuat antar pimpinan satu dengan yang lainnya saling mengunjungi, saling belajar dan saling melakukan studi perbandingan.

  • Bagikan