Topik : 

Menjaga Kewarasan di Tahun Politik

Kontributor : JT Editor: Redaksi
DelikNTT.com
kewarasab politik
Gambar: Istimewah

Delikntt.Com – Tahun politik seringkali menjadi masa yang penuh gejolak dan ketegangan di tengah masyarakat.

Pemilihan umum, debat politik, dan berbagai kampanye dapat menciptakan suasana yang tidak stabil dan memicu perpecahan di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu, menjaga kewarasan di tahun politik menjadi suatu keharusan agar masyarakat tetap dapat berkomunikasi dengan baik, menghormati perbedaan pendapat, dan memperjuangkan kepentingan bersama.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, baru-baru ini, media kabar di Indonesia membahas persoalan penganiayaan yang diduga dilakukan oleh beberapa oknum TNI kepada salah satu pendukungan calon presiden.

Berbagai perspektif mulai muncul, sampai pada anggapan bahwa ada indikasi institusi TNI tidak netral dalam pesta demokrasi kali ini, khususnya pada PEMILU Presiden.

Terlepas dari itu semua, perlu juga kita pahami, sebagai warga negara yang baik, maka kenyamanan dan ketertiban dalam penggunaan fasilitas umum adalah tanggung jawab bersama. Jika hal itu dilanggar, tentu ada konsekuensi yang harus diterima.

Salah satu tantangan utama di tahun politik adalah arus informasi yang begitu deras melalui berbagai media. Teknologi modern memberikan kemudahan akses informasi, namun sebaliknya, juga membuka pintu bagi penyebaran berita palsu alias hoax atau manipulasi informasi. Oleh karena itu, penting bagi setiap warga negara agar tetap kritis dalam menyaring informasi yang diterima. Kewarasan dapat dijaga dengan tidak langsung percaya begitu saja pada informasi yang tidak jelas asal-usulnya, melainkan mencari sumber yang terpercaya dan diverifikasi.

Baca Juga :  Khutbah Jum'at: Sebab Kehancuran Umat
  • Bagikan