Indonesia Darurat Bullying di Sekolah

Reporter : JT Editor: Redaksi
DelikNTT.com
WhatsApp Image 2022 12 12 at 23.52.58
Gambar: Istimewa

Oleh: Jailani Tong, M.Pd. / Dosen PGMISTAI Kupang

DelikNTT.ComBullying merupakan segala bentuk kekerasan atau penindasan yang dilakukan dengan sengaja oleh seseorang atau kelompok yang lebih kuat. Bullying dibagi ke dalam beberapa jenis yaitu secara verbal berupa umpatan atau cacian, sedangkan non verbal biasanya dilakukan dengan kekerasan fisik. Bullying dilakukan atas dasar sebuah kesenangan atau ingin mendapatkan pujian dari teman kelompok.

Bullying akhir-akhir ini sedang hangat diperbincangkan di media sosial dan juga media televisi karena menjadi pusat perhatian yang sangat serius. Hal ini disebabkan dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir ini, media sosial dan televisi sepertinya tidak perna berhenti memberikan kasus-kasus bullying yang terjadi di Indonesia, khususnya di lembaga pendidikan.

Lembaga pendidikan yang seharusnya menjadi pusat transformasi ilmu pengetahuan dan karakter, justru yang terjadi saat ini sangat jauh berbeda dari apa yang diharapkan, pertunjunkan kekerasan demi kekerasan (bullying) seperti tidak ada ujungnya, mulai dari tingkat SMA, SMP, dan juga SD kian memperburuk citra lembaga pendidikan, meninggalkan luka yang amat dalam bagi korban dan juga keluarga.

Belum usai pemberitaan kasus bullying yang dialami oleh salah satu siswa SD di Gresik, Jawa Timur yang bola matanya ditusuk dengan tusukan pentolan, beberapa hari yang lalu muncul kasus yang sama, namun, kali ini terjadi di salah satu SMP di Cilacap. Parahnya lagi, kasus tersebut direkam dengan kamera hingga viral dan membuat masyarakat yang menonton video tersebut ikut marah.

  • Bagikan