Topik : 

Generasi Millennial: Sekolah Umum vs Sekolah Rumahan

Kontributor : Jailani Tong Editor: Redaksi
DelikNTT.com
sekolah
Gambar: Istimewah

Oleh Jailani Tong, M.Pd / Alumni Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2020

DelikNTT.Com – Generasi millennial, menurut kebanyak sumber menyebutkan bahwa mereka adalah yang dilahirkan pada tahuan 1990 s/d 2000an, selanjutnya disebut sebagai generasi “Z”.

Generasi millennial juga sering diartikan atau dinisbatkan kepada mereka yang lahir saat
internet mulai diperkenalkan. Atas dasar informasi tersebut dapat disimpulkan bahwa generasi millennial adalah mereka yang lahir pada awal 1990an dan tidak gaptek (gagap dengan dunia teknologi).

Hingga sampai detik ini, kemajuan dalam dunia IPTEK sangat pesat perkembangannya. Di samping kebanjiran informasi juga diberikan banyak kemudahan-kemudahan dalam segala
aspek kehidupan, baik ekonomi, budaya, politik, agama dan termasuk dalam dunia pendidikan.

Kemajuan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi, sangat memberikan dampak postif bagi dunia pendidikan, pasalnya siapa saja akan lebih muda mengakses informasi atau menambah literasi bacaan.

Sebagai contoh, jika dahulu ketika guru dalam menyiapkan media pembelajaran harus dengan menggambar terlebih dahulu, saat ini suda tidak lagi berlaku sebab teknologi memudahkan yakni dengam cara mencari di google dengan cukup mengetik kata kunci langsung akan muncul dilayak “hp atau komputer” dengan sendiri.

Selanjutnya diberikan kebebasan dalam memilih gambar sesuai dengan tema pembelajaran hari itu. Tidak hanya untuk guru, kemajuan teknologi juga berpengaruh dan memudahkan siswa, pasalnya peserta didik tidak dibuat harus lagi mencatat dibuku catatan, atau menggambar atau mengkliping berita dikoran, sebab teknologi telah menyediakan semuanya. Tinggal peserta didik mencari dengan sendirinya sesuai kebutuhan.

Baca Juga :  Stop Labeli Anak dengan Kata “Bodoh”
  • Bagikan