Topik : 

5 Tools Artificial Intelligence untuk Menulis

Reporter : Jailani Tong Editor: Redaksi
DelikNTT.com
images
Gambar: Ilustrasi Artificial Intelligence

Oleh: Jailani Tong, M.Pd.

DelikNTT.Com – Perkembangan teknologi hingga saat ini menunjukkan kemajuan yang sangat luar biasa. Perkembangan teknologi juga telah merambah pada seluruh dimensi kehidupan manusia. Pada hakikatnya keberadaan dan kemajuan teknologi sejatinya memudahkan segala aktivitas manusia.

Kemajuan teknologi hari ini yang sedang hangat dibicarakan adalah hadirnya Artificial Intelligence atau yang lebih dikenal oleh masyarakat luas adalah AI. Artificial Intelligence mulai hangat dibicarakan di Indonesia pada awal 2024, termasuk dalam dunia pendidikan yang erat kaitannya dengan menulis.

Berikut ini adalah beberapa Tools yang dapat membantu dalam dunia pendidikan, khususnya dalam hal menulis.

Pertama, Grammarly

Tools ini dapat membantu seseorang dalam menulis. Fungsinya adalah untuk mendeteksi kesalahan penulisan dan juga memperbaiki tata bahasa, ejaan, dan gaya penulisan.

Kedua, Hemingway Editor

Selanjutnya adalah Tools Hemingway Editor. Tools ini berfungsi untuk membantu penulis dalam beberapa hal diantaranya, memperbaiki kejelasan dan kualitas penulisan. Selain itu, fungsi yang lain pada Tools ini adalah melihat atau mendeteksi kalimat yang rumit, pengguna kata-kata yang berlebihan serta memperbaikinya dengan memberikan saran untuk memperbaikinya.

Ketiga, Evernote

Tools yang satu ini memungkinkan penulisan agar lebih mudah untuk menyimpan, mengorganisasi, dan mencari catatan mereka dengan mudah.

Tools Artificial Intelligence ini membantu menemukan catatan berdasarkan kata kunci, sehingga lebih menghemat waktu. 

Keempat, CoSchedule Headline Analyzer

Tools Artificial Intelligence yang ini dapat membantu penulis untuk mendapatkan judul tulisan yang menarik dan efektif.

Artificial Intelligence CoSchedule Headline Analyzer berfungsi untuk menganalisis judul berdasarkan panjang kata dan keterbatasannya dan judulnya dapat menarik perhatian pembaca. 

Kelima, Atomic Reach

Atomic Reach adalah salah satu Tools Artificial Intelligence yang dapat membantu penulis dalam mengoptimalkan konten SEO.

Fungsi dari Tools ini adalah memberikan saran kepada penulis untuk meningkatkan gaya penulisan, penggunaan kata kunci yang relevan, dan juga panjang paragraf sehingga lebih efektif, sebab isi dari paragraf lebih mudah untuk dipahami oleh pembaca.

Pada dasarnya perkembangan teknologi, selain memberikan manfaat juga berdampak buruk bagi manusia, jika tidak arif dan bijaksana dalam penggunaan, terutama dalam dunia menulis.

Dalam dunia menulis ada etika yang mesti diperhatikan dan diimani, sehingga tidak memberikan efek buruk pada diri sendiri.

  • Bagikan