Topik : 

Pernyataan Lengkap PP Muhammadiyah Tentang Hasil Pemilu 2024

Kontributor : Jailani Tong Editor: Redaksi
DelikNTT.com
Kantor PP Muhammadiyah Jakarta
Foto: Kantor Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Jakarta

DelikNTT.Com – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah memberikan tanggapan terkait dengan hasil Pemilu 2024 yang telah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan mengeluarkan penyataan pers secara resmi, pada 22 Maret 2024.

Di dalam pernyataan pers bernomor 002/PER/I.0/I/2024 tentang hasil pemilu 2024 tersebut, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyampaikan beberapa poin penting, yaitu sebagai berikut:

  1. Menyampaikan selamat kepada anggota legislatif DPR, DPRD II, DPRD I, DPD, dan Presiden-Wakil Presiden terpilih dengan tetap menunggu penyelesaian sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK). Mereka yang terpilih niscaya berjiwa negarawan dengan bersungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab mengemban dan melaksanakan amanat rakyat yang sangat berat.
  2. Menghormati para pihak yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai solusi konstitusional, damai, dan elegan dengan kesadaran bahwa keputusan MK bersifat final and binding untuk dipatuhi semua pihak.
  3. Mengajak masyarakat untuk menyikapi hasil pemilu sebagai realitas politik dan konsekuensi logis dari sistem demokrasi yang dipilih oleh bangsa Indonesia. Karena itu, dengan berbagai catatan kritis, masyarakat dapat menerima hasil pemilu dengan arif, bijaksana, dan legawa.
  4. Meminta kepada MK agar bekerja lebih profesional dan imparsial dalam mengadili dan memutus sengketa pemilu. Penyelesaian sengketa pemilu yang adil dan objektif merupakan solusi dan memberikan kepastian politik. Bagi MK penyelesaian sengketa pemilu dengan jujur dan amanah merupakan momentum untuk meningkatkan kinerja, memperbaiki citra, dan memulihkan kepercayaan publik yang selama ini menurun.
Baca Juga :  Di Depan Jokowi, Ketum DPP IMM Singgung Soal Hilirisasi dan Kedaulatan Ekonomi
  • Bagikan