Topik : 

Jelang Munas, Majelis Tarjih Telah Siapkan Kalender Islam Global untuk 100 Tahun ke Depan

Kontributor : Ilham Editor: Redaksi
DelikNTT.com
images 1 2

DelikNTT.Com – Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah bersiap untuk menggunakan Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT). Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua PP Muhammadiyah, Syamsul Anwar, dalam konferensi pers di Kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta, pada Rabu (21/02).

Menurut Syamsul Anwar, implementasi KHGT direncanakan akan dimulai pada tahun mendatang, dan Majelis Tarjih telah menyiapkan kalender tersebut untuk 100 tahun ke depan. Keputusan ini akan menjadi salah satu fokus utama dalam Musyawarah Nasional (Munas) Majelis Tarjih ke-32 yang akan diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) pada Jumat-Ahad, 23-25 Februari 2024.

Menurut Syamsul, Muhammadiyah sangat serius dalam upaya penyatuan kalender hijriyah internasional. Langkah ini sejalan dengan perjalanan panjang sejak tahun 2007, ketika sebuah simposium internasional diinisiasi untuk menyatukan Kalender Hijriah. Simposium internasional itu bertajuk berjudul “The Effort Towards Unifying the Islamic International Calendar.”

Baca Juga :  Tolak Hasil Pleno: IMM Desak KNPI Kota Tangerang Lakukan Muslub
  • Bagikan