Topik : 

Antar Mantan Ketua Umum Daftar di PSI, Pimpinan IMM Universitas Indonesia Anggap DPP IMM Tidak Netral

Reporter : Saiful Editor: Redaksi
DelikNTT.com
IMM

DelikNTT.Com – Beberapa waktu yang lalu, dalam sebuah video singkat yang beredar di WA grop IMM dan Muhammadiyah sempat menimbulkan perdebatan panjang. Dalam video tersebut, terlihat sejumlah Pimpinan DPP IMM mengantarkan Mantan Ketua Umumnya dan juga Mantan Salah satu Ketua DPP IMM log in ke PSI .

Menanggapi hal tersebut, Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia merespon dengan mengeluarkan pernyataan sikap resmi, pada Minggu (23-06-2024).

Berikut pernyataan resmi yang beredar di Media sosial.

Pada hari Kamis, 13 Juni 2024 telah terjadi peristiwa “pengantaran dan pendampingan” besar-besaran dari DPP IMM untuk mengantar mantan Ketua Umum & Ketua Bidang Hikmah DPP IMM Abdul Musawir Yahya dan Baiquni A . ke DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Peristiwa tersebut dipublikasikan secara masif dan dikritik secara tajam oleh warga Muhammadiyah karena dianggap tidak sesuai dengan semangat ber-Muhammadiyah dan ber-IMM secara utuh. Selain itu, apabila kita mengingat semangat netralitas dalam berpolitik yang selalu digaungkan dalam pertemuan atau musyawarah secara nasional yang diselenggarakan oleh PP Muhammadiyah, maka tindakan mengarak (atau pengantaran) yang dilakukan oleh DPP IMM secara terang-terangan menunjukkan sikap pembangkangan yang tercela, mencontohkan hal yang buruk, dan penghianatan besar terhadap semangat juang organisasi selama ini.

Kemudian hasil Tanwir ke-31 di Banjarmasin yang berbunyi “organisasi IMM sebagai gerakan politik kebangsaan yang bersifat independen memberikan solusi konstruktif serta terlibat aktif dalam politik diaspora kader berbasis nilai Ikatan di ruang-ruang kekuasaan demi kemajuan bangsa” perlu ditinjau ulang karena berpotensi disalahartikan dan disalahgunakan oleh oknum pengurus IMM serta tidak adanya penjaringan aspirasi yang ilmiah dan menyeluruh kepada seluruh kader IMM sebelum keputusan tersebut dibuat.

Atas dasar pertimbangan di atas dan semangat juang mahasiswa Muhammadiyah di seluruh UI dan dunia, maka Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia menyatakan sikap sebagai berikut:

  • Bagikan