Topik : 

Abdul Mu’ti Paparkan Makna Rukhsah dalam Menjalankan Ibadah Puasa

Kontributor : Jt Editor: Redaksi
DelikNTT.com
images
Gambar: Prof. Dr. Abdul Mu'ti

DelikNTT.Com – Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti menegaskan bahwa beragama itu tidak sulit Dan kita jangan merasa berat dalam melaksanakan ajaran agama.

“Bagaimana sesungguhnya agama itu kita laksanakan tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kemampuannya. Kalau kita kaitkan dengan puasa, memang disebutkan bahwa kita ini diwajibkan puasa di bulan Ramadan,” terang Mu’ti dalam acara Kolak TV Muhammadiyah dengan tema “Beragama Itu Mudah” pada Rabu (13/3).

Al Quran menegaskan bahwa kewajiban itu juga tidak hanya untuk kamu saja, tetapi umat sebelum kamu juga sudah diwajibkan.

“Nah penegasan ini mengandung dua makna makna, pertama adalah makna adanya kesinambungan syariat Islam, makna kedua secara psikologis kita diingatkan oleh Allah SWT untuk jangan merasa berat, jangan merasa ibadah puasa ini sebagai beban, karena umat yang terdahulu juga sudah diwajibkan dan itu pun hanya pada bulan yang sudah ditentukan ayyamin ma’dudat ada yang menterjemahkan hari-hari yang ditentukan, tapi kemudian diberikan penjelasan barang siapa yang sakit atau dalam bepergian maka dia boleh tidak berpuasa dengan kewajiban mengganti pada hari yang lainnya,” papar Mu’ti.

Mu’ti melanjutkan, Allah SWT memberikan keringanan dalam menjalankan ibadah puasa, kemudian bagi yang juga memang betul-betul tidak mampu untuk mengganti puasanya yakni dengan mengqada puasanya, maka dia cukup membayar fidyah dengan memberi makan orang miskin.

Baca Juga :  DUA MODEL PENERIMAAN MAHASISWA
  • Bagikan