PPNI Menyelenggarakan Kegiatan di Omesuri

Kontributor : Sudarjo Editor: Redaksi
DelikNTT.com
WhatsApp Image 2023 11 11 at 20.45.25
Gambar: Tenaga Kesehatan

Lembata – DelikNTT.Com – Kegiatan yang diberi nama pengabdian masyarakat yang dilaksanakan (PPNI) Tingkat Kabupaten Lembata, dalam rangka menyongsong Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59, bertempat di Desa Meluwiting I Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata.

Kegiatan yang berlangsung hari ini Sabtu, 11/11/2023 yang dihadiri oleh Camat Omesuri yang diwakili oleh Ibrahim Tobi, Ketua (PPNI) Kabupaten Lembata (Gregorian P. Hurek Making), Kepala Desa Meluwiting I ( Moh. Ali Syarif), Ketua Pelaksana/Ketua Komisariat Rayon Timur (Fransiskus Lea, A. Md. Kep), 40 orang tenaga perawat, 3 analis, 3 apoteker, serta 3 orang dokter yakni dr. Geta (Puskesmas Autaqnapo), dr. Sam ( Puskesmas Bean), dr. Anggi (Puskesmas Wairiang). Kesemuanya melaksanakan kegiatan dimaksud penuh hikmad hingga selesai. 

Selain kegiatan menyongsong (HKN), Organisasi ini pula melakukan kegiatan yang langsung bersentuh dengan sasaran masyarakat dan anak sekolah, berupa skrining Penyakit Tidak Menular (PTM), dan pengobatan di Kantor Desa tersebut dengan sasaran masyarakat 100 orang. Selain itu Penyuluh Kesehatan tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan bahaya merokok  dengan sasaran 30 siswa SMPN 5 Omesuri. Begitupun penjaring kontak (TBC) di Desa Meluwiting, Peusawa dan Leubatang, dilakukan dalam waktu bersamaan oleh beberapa tenaga medis pada momentum tersebut. 

Dalam sambutan oleh ketua PPNI Kabupaten Lembata, Gregorian P. Hurek Making, ia berterima kasih yang dalam kepada pemerintah kecamatan Omesuri dan pemerintah Desa Meluwiting I, atas kerjasama yang baik sehingga kegiatan hari ini dapat berjalan dalam rangka menyongsong HKN ke 59 ungkap Gregorian. Lanjut Dia hari ini PPNI mengajak organisasi profesi lainnya seperti IDI, PATELKI, dan PAFI, untuk berkolaborasi dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan, sehingga harapnya agar seluruh warga dapat memanfaatkan pelayanan yang diberikan ini dengan prinsip pendekatan pelayanan ke masyarakat. Untuk anak remaja lanjut Gregorian agar semakin sadar untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan, dan menjauhi kehidupan yang tidak sehat, seperti merokok di usia remaja tegasnya. Untuk kegiatan penjaringan TBC ungkap Gregorian semoga dapat menjaring kasus TBC yang belum terdeteksi, mengidentifikasi orang yang kontak erat dengan pasien TBC, sehingga tata laksana pencegahan pengobatan bisa berjalan dengan baik, dan akhirnya dapat meningkatkan standar pelayanan minimal di puskesmas tutup Gregorian. 

Baca Juga :  Program Menanam Malapari Panen Porang, Pemda Lembata Dukung Penuh PT Batara & Yayasan Anton Enga Tifaona

Kepala Desa Meluwiting I Moh. Ali Syarif mengungkapkan Terima kasih banyak kepada PPNI  yang telah memilih Desa kami menjadi lokus kegiatan menyongsong HKN. Kami Pemdes akan berusaha seluruh masyarakat hadir untuk menikmati pelayanan oleh tiga dokter dan perawat di kecamatan ini. Semoga kegiatan ini memberi dampak kesehatan yang luar biasa bagi masyarakat Meluwiting I dan Kecamatan Omesuri pada umumnya tutup Ali. (Redaktur)

  • Bagikan