Topik : 

OJK RI Buka Lowongan Kerja Hingga 6 Maret 2024, Ini Persyaratan Lengkapnya

Kontributor : Jailani Tong Editor: Redaksi
DelikNTT.com
OJK
Gambar: OJK RI Buka Lowongan Kerja Hingga 6 Maret 2024

Kupang, DelikNTT.Com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga yang sudah berdiri sejak 16 Juli 2012 lalu. Sejarah berdirinya OJK adalah berangkat dari upaya untuk menghadirkan sistem pengaturan dan pengawasan pada kegiatan jasa keuangan di Indonesia.

OJK adalah terbentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 Tentang Otoritas Jasa Keuangan. Sesuai Pasal 4 dalam UU tersebut, Otoritas Jasa Keuangan dibentuk dengan tujuan agar semua sektor jasa keuangan terselenggara secara adil, teratur, transparan dan akuntabel. Dengan adanya OJK, maka secara otomatis mengambil alih fungsi regulator dan pengawasan pada perbankan yang sebelumnyua dijalankan oleh bank sentral dalam hal ini Bank Indonesia (BI).

Dikutip dari laman resminya, OJK adalah lembaga independen dan bebas dari campur tangan pihak lain yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan dan penyidikan sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011.

Singkatnya, OJK adalah mempunyai fungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan.

Pasal 4 UU Nomor 21 Tahun 2011 tentang OJK menyebutkan bahwa OJK adalah dibentuk dengan tujuan agar keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan terselenggara secara teratur, adil, transparan, akuntabel dan mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, serta mampu melindungi kepentingan konsumen maupun masyarakat. Dengan pembentukan OJK, maka lembaga ini diharapkan dapat mendukung kepentingan sektor jasa keuangan secara menyeluruh sehingga meningkatkan daya saing perekonomian.

OJK resmi membuka lowongan pekerjaaan staf melalui program Pendidikan Calon Staf (PCS) Angkatan ke-7. Pendaftaran ini dibuka mulai 1–6 Maret 2024.

Dilansir dari akun Instagram @ojkindonesia, lowongan kerja OJK ini dibuka untuk lulusan S1 dan S2 dengan berbagai macam jurusan.

Baca Juga :  La Moringa Indonesia Buka Lowongan Kerja Hingga 1 April, Pendidikan Minimal SMA/SMK, Penempatan di Labuan Bajo, Cek Persyaratannya di Sini

Dalam unggahan tersebut, OJK mengundang putra dan putri terbaik Indonesia untuk bersama membangun negeri melalui rekrutmen SDM OJK program pendidikan calon staf (PCS) angkatan 7.

Bagi anda yang terpanggil dan ingin menjadi bagian dari rekrutmen ini, maka ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan.

  • Bagikan