Topik : 

Khasiat Teripang Pasir (Holothuria scabra)

Kontributor : JT Editor: Redaksi
DelikNTT.com
budidaya teripang pasir cegah 201841fc86cbbf3
Gambar: Teripang Pasir (Holothuria scabra)

Oleh: Jailani Tong, M.Pd. / Alumni Prodi Pendidikan Biologi UKM 2015

DelikNTT.Com – Sebagai insan yang memiliki keimanan di dalam hatinya, maka ia harus mempercayai bahwa segala sesuatu ciptaan Allah yang ada di alam ini pasti memiliki manfaat, salah satunya adalah Teripang. Lalu apa manfaatnya, silakan disimak penjelasannya.

Teripang atau dikenal dengan nama timun laut termasuk dalam kelas Holothuridae. Hewan tersebut banyak terdapat dipaparan terumbu karang, pantai berbatu atau berlumpur dan padang lamun. Bentuk badannya bulat memanjang seperti silinder atau memanjang agak memipih dengan mulut dan anus terletak pada sudut yang berlawanan.

Mulut dan anus terdapat di kedua ujung badannya. Bagian punggungnya berwarna abu-abu dengan pita putih atau kekuning-kuninganan memanjang secara horizontal. Bagian bawah tubuhnya berwarna putih dan berbintik-bintik hitam dan gelap.

Teripang pasir dapat tumbuh sampai ukuran 40 cm dengan bobot 1,5 kg. Kematangan gonad hewan air berumah dua (diosis) ini pertama kali terjadi pada ukuran rata-rata 220 mm. Seekor teripang betina mampu menghasilkan telur dalam jumlah yang sangat banyak hingga mencapai sekitar 1,9 juta butir telur.

Jumlah spesies teripang di dunia sekitar 2000 spesies dengan daerah penyebaran teipang sangat luas. Terdapat 23 spesies teripang yang ditemukan di Indonesia dan baru lima spesies (dari genus Holothuria) yang sudah dieksploitasi dan dimanfaatkan serta mempunyai nilai ekonomis penting, yaitu teripang hitam (Holothuria edulis), teripang getah atau keling (Holothuria vacabunda), teripang merah (Holothuria vatiensis), teripang coklat (Holothuria mamiorata), dan teripang pasir (Holothuria scabra).Teripang dalam melindungi diri dari musuhnya, mengeluarkan lendir yang beracun dari tubuhnya.

Menurut kepercayaan masyarakat pesisir, cairan selom teripang dapat digunakan sebagai obat agar lukanya cepat sembuh karena mengandung senyawa saponin yang berfungsi sebagai analgetik dan alkaloid, steroid serta triterpenoid sebagai antibakteri.

Baca Juga :  Universitas Abdurrab Pekanbaru Buka Lowongan Dosen Hingga 3 April, Cek Kualifikasi dan Persyaratannya di Sini
  • Bagikan