Program Pembagian 1000 Iqro dan Alquran oleh Ustadz Haji Kariman, Menyebarkan Cahaya Ilmu di Pelosok Alor

Reporter : Mukmin Amsidi Editor: Redaksi
DelikNTT.com
IMG 20240630 WA0002

Alor, DelikNTT.ComProgram pembagian 1000 Iqro dan 1000 Alquran kembali dijalankan oleh Ustadz Haji Kariman, pendiri Madrasah Diniyah (Madin) Al-Imam Matap. Bantuan ini disalurkan kepada mahasiswa komunitas Dreamnews Alor untuk didistribusikan ke pelosok-pelosok negeri.

Menurut Ustadz Haji Kariman, Alquran dan Iqro yang diberikan berasal dari teman-teman di Bogor yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kebutuhan masyarakat di Alor.

“Alasan mengapa Madrasah Diniyah ini diberikan nama Madin Al-Imam Matap, alasannya karena sebagai kenangan indah saat saya belajar di Pesantren Al-Imam di Sukabumi, Jawa Barat,” ujar Ustadz Haji Kariman.

Madin ini didirikan pada tahun 2008 dan sejak saat itu telah menjadi tempat pendidikan agama agi anak-anak di Alor.

Program pembagian Iqro dan Alquran oleh Madin Al-Imam telah berjalan selama tiga tahun berturut-turut. Dalam rentang waktu tersebut, program ini telah menyalurkan ribuan Iqro dan Alquran ke berbagai wilayah di Alor, mencakup Alor Pantar, Pantar Baranusa, Bakalang, Pulau Pura, Bampalola, Hulnani, Pulau Kepa, dan sekitarnya. Setiap tahap pembagian telah berhasil menjangkau masyarakat di daerah-daerah tersebut, memberikan mereka akses lebih mudah untuk belajar agama.

Pasca pandemi Covid-19 hingga tahun 2024, program ini terus berlanjut dengan semangat yang sama. Tahapan pertama dan kedua dari program ini telah selesai dengan sukses, dan kini tahap ke tiga tahun 2024 program 1.000 Iqro sudah berjalan lagi sebagimana mestinya dan bantuan tersebut disalurkan kembali kepada komunitas Dreamnews Alor Mahasiswa Pecinta Literasi.

  • Bagikan