Pemuda Lintas Iman Banten Gelar Refleksi Hari Kebangkitan Nasional ke 116

Reporter : Egi Editor: Redaksi
DelikNTT.com
IMG 20240526 WA0014

Serang, DelikNTT.Com – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-116, Pemuda Lintas Iman Provinsi Banten mengadakan kegiatan refleksi dengan tema “Pemuda Bangkit, Membangun Indonesia Bersama”.

Acara ini diadakan di GKI Serang pada Sabtu, 25 Mei 2024, dengan penyelenggara utama Pemuda PGI Wilayah Banten dan Pemuda GKI Klasis Banten.

Kegiatan ini mendapatkan dukungan dan kehadiran dari berbagai organisasi pemuda lintas iman di Banten, termasuk Pemuda GP Ansor, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Kristen PGI, Pemuda Kristen GKI, Pemuda Katolik, Pemuda Buddha Hikmah Buddhi, Pemuda Hindu IPHB, Pemuda Konghucu PAKIN, Gusdurian, dan Forum Pemuda Lintas Agama (FPLA ).

Dalam acara tersebut, berbagai kegiatan dilaksanakan, seperti refleksi Hari Kebangkitan Nasional, doa lintas iman, deklarasi bersama kepemudaan, dan makan bersama dengan gaya liwetan sambil ngariung (lesehan bersama).

Pendeta Benny Halim , Ketua PGI Wilayah Banten, dalam refleksinya menekankan pentingnya kebangkitan pemuda untuk membangun Indonesia menuju Indonesia emas.

“Momentum Hari Kebangkitan Nasional ke-116 tahun ini hampir bersamaan dengan ulang tahun PGI ke-74 dan ulang tahun GP Ansor ke-90. Pemuda harus bijak dan cerdas dalam pengetahuan serta teknologi, dan menghadirkan persaudaraan dan moderasi,” ujarnya.

Didik Ariwibowo , Wakil Ketua Pengurus Wilayah GP Ansor Provinsi Banten, menambahkan bahwa Hari Kebangkitan Nasional 2024 mengingatkan kembali pada kesepakatan para pendiri bangsa yang dituangkan dalam Pancasila.

“Pancasila menjadi modal utama perekat anak bangsa dengan keanekaragaman budaya, suku, agama, dan ras. Perwujudan Pancasila menguatkan sikap toleransi antar umat beragama untuk keutuhan bangsa dan NKRI,” katanya menekankan.

Moh. Riefqi Saputra , Bendahara Pengurus Wilayah Pemuda Muhammadiyah Provinsi Banten, juga menekankan bahwa refleksi Hari Kebangkitan Nasional menjadi momentum kebersamaan pemuda lintas agama di Banten.

  • Bagikan