Gubernur Mahyeldi Ansharullah Resmikan Gedung Ikatan Keluarga Minang Saiyo Sakato Kupang

Reporter : Jailani Editor: Redaksi
DelikNTT.com
Gub Sumbar
Foto: Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah saat meresmikan Gedung Serba Guna Ikatan Keluarga Minang Saiyo Sakato (GSG IKM SS) Kupang di Nusa Tenggara Timur, Sabtu (08/06/2024).

Kupang, DelikNTT.Com – Gedung Serba Guna Ikatan Keluarga Minang Saiyo Sakato (GSG IKM SS) Kupang di Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Sabtu (08/06/2024) yang lalu telah diresmikan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah .

Gubernur Sumatera Barat itu,  menyampaikan perantau Minang hingga saat ini terus melakukan aktivitas dan juga memberikan kontribusinya terhadap pembangunan daerah tempat di mana ia berada, namun, disamping itu juga perhatiannya kepada pada kampung halaman sampai dengan saat ini tidak perna putus. Hal itu disampaikan Mahyeldi Ansharullah, saat peresmian Gedung Serba Guna Ikatan Keluarga Minang Saiyo Sakato (GSG IKM SS) Kupang di Nusa Tenggara Timur.

“Alhamdulillah, hari ini kita dapat menghadiri peresmian Gedung Serba Guna IKM SS Kupang, yang merupakan buah dari kuatnya kebersamaan perantau kita di NTT, serta juga buah kebersamaan perantau Minang bersama pemerintah daerah di provinsi ini,” ujar Gubernur pada saat meresmikan GSG IKM SS.

Soliditas yang terbangun antar perantau serta diaspora Minang dengan pemerintah dan masyarakat di daerah rantau, lanjutnya, merupakan implementasi dari salah satu filsafat adat Minang , yaitu dima bumi dipijak, di sinan langik dijunjuang – dima aia disauak – di sinan rantiang dipatah.

“Ungkapan salah satu filsafat adat Minang itu bermakna, di mana pun orang Minang berada, ia akan selalu taat terhadap ketentuan yang berlaku di tempat itu, dan ia akan menyatu dan membaur dengan masyarakat serta pemerintah di tenpat itu,” ujar Gubernur.

  • Bagikan