Topik : 

Empat Dosen STAI Kupang Terpilih Dalam Kegiatan PKDP Serdos

Reporter : JT Editor: Redaksi
DelikNTT.com
WhatsApp Image 2023 08 24 at 09.28.40
Gambar: Peserta PKDP Serdos 2023
DelikNTT.Com – Empat orang Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kupang, Nusa Tenggara Timur terpilih untuk menjadi peserta dalam Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) Tahun 2023.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam bersama Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Tanggal 13-18 Agustus 2023 berlokasi di Hotel Jayakarta Senggigi Lombok .

Kegiatan yang diikuti 2.500 dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri dan Swasta itu dibuka secara resmi oleh Menteri Agama Republik Indonesia yang diwakili oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Prof. Muhammad Ali Ramdhani, di Jakarta, Selasa (15/8/2023) dalam Pelaksanaannya ada 19 PTP Perguruan Tinggi Pelaksana PKDP.

Bakhtiar Leu , M.H Selaku Ketua STAI Kupang, mengungkapkan rasa syukurnya karena kementerian telah memberikan kesempatan kepada para Dosen kita di STAI Kupang untuk terus meningkatkan kapasitasnya dalam menjalankan profesi mulia ini. “Kami berharap tahun-tahun berikutnya STAI Kupang tetap mendapatkan jatah untuk kegiatan seperti ini”, ungkapnya.

WhatsApp Image 2023 08 24 at 09.25.55
Gambar: Peserta serdos dari STAI kupang

Kegiatan yang dilaksanakan di Lombok ini diikuti oleh 120 orang dosen dari berbagai kampus negeri dan swasta. Empat orang Dosen STAI Kupang yang ikut yaitu atas nama Arafik Syaif, M.Pd.I., Fajri Arkiang, M.Si., Kasim Hijrat, M.Pd., dan Siti Asiyah, M.Pd.I.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Prof. Ahmad Zainul Hamdi, menyampaikan dalam sambutannya bahwa PKDP tahun ini menargetkan empat dimensi substansi yang menjadi target dasar profesionalitas dosen, yaitu (1) kompetensi pedagogik terkait pembelajaran efektif, (2) pembinaan karier dosen terkait pencapaian target jabatan tertinggi sebagai Guru Besar, (3) karya ilmiah terkait kontribusi perguruan tinggi terhadap pengembangan keilmuan, dan (4) moderasi beragama terkait penguatan cara pandang, sikap, dan perilaku keberagamaan yang moderat.

Untuk mencapai target tersebut, PKDP dijadwalkan akan melalui berbagai tahapan yaitu in service course Ion the job course, dan in service course II dengan durasi total mencapai 60 hari yang meliputi 200 jam. (Jailani Tong)
  • Bagikan