Topik : 

Cintailah Pekerjaanmu

Reporter : Wanharun Editor: Redaksi
DelikNTT.com
WhatsApp Image 2023 12 19 at 23.39.53
Gambar: Wanharun

Oleh: Wanharun / Da’i Muda Gerakan Islam Cinta Indonesia

DelikNTT.ComSekolah MTs.S An-Nur Wowong yang bertempat di Desa Wowong dengan tiga lokal (ruang kelas, perpustakaan dan kantor) sudah berjalan kurang lebih enam bulan. 

Tidak terasa ujian semester ganjil untuk tahun pelajaran 2023/2024 telah usai. Sebentar lagi siswa-siswi yang baru satu kelas dengan delapan siswa akan menerima raport (nilai belajar) yang mereka tekuni.

Begitulah waktu bekerja, tidak terasa ujian semester ganjil untuk tahun pelajaran 2023/2024 telah usai. Liburan semester ganjil, liburan Natal dan juga tahun baru sudah mendekati.

Ustadz ngajar apa? Honorer berapa? Jauh-jauh dari Desa Hoelea ke Desa Wowong gak kecapean ya? Mendingan cari pekerjaan yang bisa lebih menjanjikan untuk masa depan saja. Begitu orang-orang ramai bertanya pada saya.

Hem, kalau kita bekerja dengan orientasi hanya pada pendapatan (uang) bisa jadi keikhlasan kita tidak peroleh. Jika kita bekerja dengan orientasi untuk berkhidmat barangkali keikhlasan akan kita peroleh. Saya cuma membalas beragam tanya dari orang-orang itu.

Selama saya belajar dimana-mana, selalu ingat dengan petuah bijak para guru-guru saya. Wan, menjadi seorang yang melayani peradaban itu prinsipnya seperti Jalaluddin Rumi. Menjadi seperti lilin yang menerangi orang lain, sekalipun engkau sendiri yang merasa terbakar.

  • Bagikan