Topik : 

Camat Omesuri Apresiasi Penampilan Tarian Adat dari MIN 1 Lembata

Reporter : ACLM Editor: Jailani Tong
DelikNTT.com
IMG 20240417 WA0001

Lembata, DelikNTT.Com – Siswa-siswi MIN 1 Lembata sambut kedatangan Camat Omesuri dengan tarian Rudat khas daerah Kedang.

Camat Omesuri diagendakan membuka rangkaian acara perlombaan Kasidah Rebana, Ceramah Dai Cilik, Hifzil Quran dan Fashion Show IslamiĀ  yang diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) tingkat kecamatan di Desa Leubatang, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata, NTT, Senin (8/4/2024).

Tarian Rudat merupakan tarian budaya khas daerah Kedang (Kec. Omesuri dan Kec. Buyasuri). Tarian ini khusus dipergunakan dalam urusan keagamaan di Kedang, seperti menyambut kedatangan jamaah haji setelah melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Makkah, atau mengantar pengantin laki-laki menuju majelis akad nikah, dan kegiatan keagamaan islam lainnya.

Atraksi Tarian rudat dari siswa-siswi MIN 1 Lembata dimulai pukul 21.00 WITA. Para peserta menampilkan tariannya sambil bershalawat mengantar Bapak camat bersama rombongan menuju pelataran panggung perlombaan dilanjutkan dengan penabuh rebana oleh Remaja Masjid Mutiara Leubatang.

Saat ditemui pelatih Tarian Rudat, Suparman Sulaiman, S.Pd, menjelaskan bahwa grup Tarian Rudat dibagi dalam tiga komponen yaitu pemain musik dengan alat rebana, penyanyi syair dan para penari, semua komponen saling bersinergi, dan ketiga komponen didukung oleh satu orang pemimpin yang mengatur jalannya tarian.

Baca Juga :  Berikut Susunan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Kupang Periode 2022-2027
  • Bagikan