Topik : 

2 Program Studi Berhasil Akreditasi, STKIP Muhammadiyah Kalabahi Persiapkan Diri Menuju Akreditasi Institusi

Reporter : Mukmin Amsidi Editor: Redaksi
DelikNTT.com
stkip muhammadiyah kalabahi
Foto: STKIP Muhammadiyah Kalabahi

Alor, DelikNTT.Com – Setelah Program Studi Pendidikan Matematika, sekarang giliran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di lingkup Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kalabahi yang telah keluar hasil akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (Lamdik).

Dalam Sertifikat Akreritasi tersebut menyatakan bahwa berdasarkan Keputusan LAMDIK No. 244/SK/LAMDIK/Ak/S/III/2024 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, pada Program Sarjana Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kalabahi, Kabupaten Alor memenuhi syarat peringkat akreditasi BAIK Sertifikat akreditasi program studi tersebut berlaku sejak tanggal 22 Mei 2024 sampai dengan 21 Mei 2029.

Sebelumnya Program Studi PGSD telah menyelesaikan assemen lapangan melalui Lamdik di Aula Utama STKIP Muhammadiyah Kalabahi dengan dihadiri oleh dua assesor handal yaitu Dr. Muhamamd Affandi, M.Pd., M.H sebagai assesor 1 dan Dr. Setyo Eko Atmojo, M.Pd sebagai assesor 2. Acara tersebut berlangsung selama dua hari, yaitu 18 – 19 Januari 2024, hingga akhirnya tepat tanggal 22 Juni 2024 Hasil Akreditasi keluar, berarti kurang lebih proses sampai pada sertifikat keluar berjalan selama 5 Bulan.

Proses akreditasi yang berlangsung beberapa waktu lalu melibatkan evaluasi menyeluruh terhadap berbagai aspek, termasuk kurikulum, fasilitas, kualitas pengajaran, serta hasil penelitian. Keberhasilan ini merupakan buah dari kerja keras dan dedikasi seluruh pihak yang terlibat dalam meningkatkan mutu pendidikan di STKIP Muhammadiyah Kalabahi.

Ketua STKIP Muhammadiyah Kalabahi, Marzuki Galeko, S.E., M.Pd, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas Kerjasama yang dilakukan oleh tim. Dan kami juga akan terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan yang terbaik untuk mahasiswa.

“Kami bersyukur atas hasil akreditasi ini. Ini adalah pencapaian bersama yang menunjukkan komitmen kami dalam memberikan pendidikan yang berkualitas. Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan yang terbaik bagi para mahasiswa,” ujarnya.

Hasil akreditasi untuk kedua Program Studi yaitu PGSD dan Pendidikan Matematika di STKIP Muhammadiyah Kalabahi ini membawa kabar gembira bagi mahasiswa angkatan 2017 hingga 2020 yang masih aktif, karena mereka telah memenuhi syarat untuk yudisium dan wisuda.

“Dengan keluarnya hasil akreditasi PGSD Maupun Pendidikan Matematika, mahasiswa yang telah menyelesaikan beban SKS mereka dapat mengikuti proses yudisium dan diwisudakan pada bulan Juli dan Agustus 2024, karena salah satu syarat untuk pelaksanaan yudisium akhir dan wisuda adalah jika Prodi dan institusi telah TERAKREDITASI.”Pungkas Yakin A. Asikin, S.Pd.I., M.Pd selaku BAAK STKIP Muhammadiyah Kalabahi.

  • Bagikan